[Salah] Cek Fakta: Perang Sarung Bulan Ramadan di Tuban Tahun Ini

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Beredar sebuah informasi adanya kegiatan perang sarung yang dilakukan sejumlah remaja di Kabupaten Tuban.

Informasi ini pertama disebar oleh akun Instagram @abdi_boneka dan di repost oleh akun Instagram Tubantulen. Dalam postingan tersebut lakun Tubantulen menarasikan video tersebut sebagai berikut:

“Tradisi perang sarung yang turun menurun, info dari @abdi_boneka lokasi berada di Talok, Sidokumpul Bangilan, Semoga ke depan tidak terulang kembali,” 

Dari hasil penelusuran blokTuban.com menggunakan aplikasi google street view ditemukan bahwa benar kejadian tersebut terjadi di Bangilan tepatnya di Jembatan Talok.

Hal ini bisa dilihat dari kesamaan dalam vidio, bahwa ada sebuah toko bangunan di pinggir jalan dekat dengan Jembatan Talok.

Namun apakah benar kejadian ini terjadi pada bulan Ramadan tahun ini ?

Dikonfirmasi blokTuban.com, Kapolsek Bangilan mengatakan jika kejadian ini terjadi bukan pada Ramadan tahun ini, melainkan terjadi sudah lama berkisar 3-4 tahun yang lalu.

“Kejadian sudah lama mas itu kemarin saat kita cek tak ada kejadian apapun nihil kejadian, itu ternyata vidio 3-4 tahun lalu yang sengaja di upload lagi,” ujar IPTU Rukandar kepada BlokTuban.com, Sabtu (16/3/2024).

Kemudian dari kejadian ini agar tak meresahkan warga, pihak kepolisian tengah melakukan pemanggilan kepada pemilik akun Instagram @abdi_boneka, untuk dilakukan klarifikasi, sebab dari postingannya lah video ini menyebar.

 

Kesimpulan

Postingan video yang mengatakan jika kejadian perang sarung terjadi pada Ramadan tahun 2024 adalah tidak benar.

 

[Nur/Ali]