Semarakkan Ramadan 2024, Ini Agenda yang Digelar di Masjid Agung Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com - Guna menyambut datangnya bulan suci Ramadan, Masjid Agung Tuban menghadirkan berbagai kegiatan menarik selama satu bulan. Hal tersebut, dilakukan untuk menyemarakkan bulan suci Ramadan 1444 Hijriah atau 2024 Masehi

 

Kepada blokTuban.com, Petugas Sekretariat Masjid Agung Tuban, Uswani mengungkapkan di bulan Ramadan ini, pihaknya telah menyiapkan berbagai kegiatan keagamaan. 

 

Menurutnya, kegiatan yang digelar mulai awal hingga akhir bulan Ramadan 2024 nanti, tak jauh berbeda dengan kegiatan yang telah diusungnya pada tahun sebelumnya. 

 

"Alhamdulillah kegiatan kurang lebih masih sama seperti tahun kemarin," ujarnya, Jumat (15/3/2024). 

 

Selain menggelar shalat tarawih berjamaah, setiap harinya Masjid Akbar juga mengadakan pengajian menjelang berbuka dengan durasi kurang lebih 45 hingga 60 menit, dengan ustadz yang berbeda-beda. 

 

Sedangkan pada hari Ahad pagi, juga dilakukan ngaji bersama setelah shubuh yang dipimpin oleh Habib Alwi Bin Ahmad Assegaf. 

 

"Kami juga ada program ngaji Ahad pagi yang dilakukan setelah shalat shubuh," terangnya. 

 

Lebih lanjut, pria asal Kelurahan Kingking ini menambahkan, di malam-malam terakhir bulan Ramadan, pihaknya juga menggelar kegiatan munajat bersama setiap malam ganjil di akhir bulan Ramadan. 

 

Biasanya, kegiatan munajat malam atau i'tikaf ini akan dimulai pada pukul 24.00 Wib dengan melakukan berbagai amalan-amalan yang telah disunnahkan. 

 

"I'tikaf pada malam-malam ganjil sepuluh hari terakhir mulai jam 24.00, dengan kegiatan pembacaan rotibul hadad, asmaul husnah, shalat tasbih, dan shalat hajat," imbuhnya. [Sav/Dwi]