Gus Dur Membuka Tabir Rahasia, Makam Sunan Kalijaga Terdapat di Tuban!

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Sebuah temuan mengejutkan terjadi di Tuban, Jawa Timur, ketika seorang petani sawah, Mulyadi, tanpa sengaja menemukan makam Sunan Kalijaga yang tersembunyi di tengah-tengah sawah. 

Makam tersebut ditemukan di Makam Ploso, Dusun Soko, Desa Medalem, Kecamatan Senori, Tuban.

Informasi yang dihimpun dari Juru Kunci Makam Ploso, bahwa kisah menarik ini bermula ketika Mulyadi seringkali didatangi oleh seorang laki-laki berjubah hitam yang mengatakan, "Jika kamu ingin kembali hidup enak, peliharalah makam Sunan Kalijaga." 

Tertarik dengan kata-kata tersebut, Mulyadi kemudian diajak menuju lokasi makam yang tersembunyi di tengah sawah.

Kabar penemuan ini kemudian menyebar luas, dan akhirnya sampai kepada Gus Dur, Presiden Indonesia ke-4. 

Gus Dur diyakini mendapat petunjuk spiritual bahwa untuk menciptakan kedamaian di negaranya, ia harus berziarah ke makam Sunan Kalijaga kisaran tahun 1999.

Setelah kedatangan Gus Dur, makam Sunan Kalijaga di Tuban diresmikan dan menjadi tujuan ziarah yang populer bagi masyarakat, bahkan dari luar provinsi. 

Juru Kunci Malam Ploso melanjutkan, Gus Dur sendiri pernah mengatakan bahwa rumah spiritual Sunan Kalijaga terletak di Tuban, sedangkan makam di Kadilangu, Demak, hanya sebagai kantor.

Sejak itu, makam Sunan Kalijaga di Tuban menjadi objek ziarah yang ramai dikunjungi, dan pemerintah setempat membentuk kepengurusan resmi untuk menjaga dan mengelola situs bersejarah ini. [Ali/Dwi]