Kesadaran akan Kesehatan Tinggi, 63 Persen Anak-anak di Tuban Terima Vaksin Polio
Reporter : Savira Wahda Sofyana
 
blokTuban.com - Guna mencegah terjadinya penyakit polio pada anak-anak di Kabupaten Tuban, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Tuban secara masif mengadakan vaksin polio. 
 
Vaksinasi sub pin polio ini, diperuntukkan bagi anak-anak usia 0 sampai 7 tahun. Dimana, polio sendiri merupakan sebuah penyakit yang berbahaya, karena dapat mengakibatkan kelumpuhan hingga cacat seumur hidup. 
 
Selama beberapa vaksinasi sub pin polio dilakukan di Kabupaten Tuban, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes P2KB Tuban, Ratna Sari mengaku tidak mengalami kendala dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut. 
 
Bahkan, antusias dan kesadaran masyarakat Kabupaten Tuban terhadap vaksinasi sub pin polio tersebut masih sangat tinggi.
 
"Sejauh ini tidak ada kendala, karena dia tetes sehingga tidak ada penolakan. Justru banyak sekolah yang minta divaksin," ujarnya saat ditemui blokTuban.com, Jumat (19/1/2024). 
 
Sejak dimulainya vaksinasi putaran pertama pada Senin (15/1/2024) lalu, hingga kini sudah mencapai 87.650 anak yang sudah tervaksinasi atau sekitar 63,21 persen. 
 
"Realnya sementara 138.663 sehingga capaian kemarin berdasarkan real sudah 63.21 persen jadi sudah tinggi," bebernya. 
 
Lebih lanjut, Ratna sapaan akrabnya juga mengaku jika pihaknya merasa sangat terbantu dengan lintas sektor yang turut terjun dalam kegiatan vaksinasi sub pin polio tersebut. Seperti halnya Camat, Bhabinkamtibmas, PKK, hingga  babinsa. 
 
Bahkan, berkat kerja keras yang telah  dilakukan oleh Dinkes Tuban tersebut, membawa Tuban saat ini menempati peringkat ke-10 se Provinsi Jawa Timur.  [Sav/Dwi]
 
 
 
Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS