PPSDM Migas Cepu Buka Enam Bidang Pelatihan, Tuban Dapat Kuota 36 Peserta

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Upaya peningkatan skill warga Kabupaten Tuban terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Tuban. Diantaranya melalui kerja sama dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Minyak dan Gas Bumi (Migas) Cepu. 

Program pelatihan di awal tahun 2024 ini yakni Bantuan Bidang Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk tahun anggaran 2024 di PPSDM Migas Cepu. Tuban mendapat kuota 36 peserta. 

Program pelatihan berfokus dalam enam kategori bidang yang berbeda. Setiap bidang pelatihan memiliki kuota maksimal enam peserta. Mulai dari Operasi Pesawat Angkat (OPA) untuk juru ikat beban (rigger), OPA untuk unit kran mobil, operator Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), juru las, operator scaffolding, dan yang terbaru, teknisi sistem utilitas (TSU).

Terkait program tersebut, diungkapkan bahwa Kabupaten Tuban, yang merupakan salah satu wilayah dengan kegiatan industri perminyakan, diberikan alokasi kuota untuk pelatihan yang diselenggarakan oleh PPSDM Migas. Hal ini juga berlaku untuk wilayah lain yang memiliki potensi sejenis.

“Sesuai dengan surat dari PPSDM Migas Kabupaten Tuban mendapat kuota sebanyak 36 orang,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Disnakerin Tuban Rohman Ubaid dalam keterangan resminya, Kamis (18/1/2024). 

Tujuan dari program tersebut tak lain untuk memberikan pelatihan dan pengetahuan mendalam kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan pemahaman mereka terhadap industri minyak dan bumi. Dengan fokus pada pengembangan keterampilan dan pemahaman teknis.

Pada kategori pelatihan dari 5-23 Februari 2024 tersebut, diungkapkan bahwa setiap bidang memiliki persyaratan khusus yang berbeda. Namun, untuk kriteria umum, dijelaskan bahwa calon peserta harus merupakan warga dengan KTP Tuban, berusia minimal 17 tahun, memiliki tingkat pendidikan minimal sesuai ketentuan, dan dalam keadaan sehat secara jasmani dan rohani.

Untuk informasi pengumuman bisa dilihat di Instagram @disnakerin.kabtuban. (Ali/Dwi]