Buku Ornamen Kesunyian, Potret Realita Tuban dari Kacamata Masyarakat Sipil

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Melihat berbagai realita kehidupan yang ada di Kabupaten Tuban, Bambang Budiono (36) warga Desa/Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban tergerak untuk mengabadikan segala gagasannya dalam sebuah buku. 

Kepada blokTuban.com, Bambang mengatakan jika bukunya diberi judul Ornamen Kesunyian. Buku karya Bambang menggambarkan semua pemikiran dan pendeskripsian realita yang ada di Tuban dalam tulisan. 

“Buku Ornamen Kesunyian ini, tercipta karena kegelisahan saya melihat fenomena yang ada di sekitar,” ujar Bambang Budiono kepada blokTuban.com, Minggu (14/01/2023). 

Menyadari ia bukan seorang pejabat publik dengan hobi menulisnya, Bambang memilih cara menulis untuk mencurahkan segala isi pikiran dan gagasan yang menumpuk dalam kepalanya agar bisa di dengar. 

“Buku Ornamen Kesunyian ini banyak terinspirasi bagaimana tentang kehidupan sekitar, sosial, budaya, ekonomi, dan politik,” imbuhnya. 

Lebih dari itu, pria yang aktif dalam dunia literasi ini berharap agar buku yang ia tulis dengan sahabatnya bernama Ocit ini, bisa memberikan manfaat kepada orang lain terlebih di dunia literasi. 

“Intinya kan, Khoirunnas anfauhum linnas, begitupun buku ini semoga bisa bermanfaat,” bebernya sambil tersenyum. 

Disinggung terkait proses pembuatan buku ini menurut Bambang banyak hal yang ia lalui, mulai dari bagaimana mengumpulkan naskah-naskah tulisan yang telah lama ditulis, kemudian ditambah lagi terkait uang cetak buku yang sering terpakai. 

“Kalau proses pembuatan buku sebenarnya saya sudah ada tulisan-tulisan. Namun, yang menjadi kendala itu mencari naskah-naskah tulisan yang telah lama saya tulis di laptop, kemudian ditambah uang untuk cetak buku yang kadang terpakai dulu,” pungkasnya. 

Kalian pembaca blokTuban.com yang berminat untuk membeli buku karya Bambang Budiono dan Ochit bisa menghubungi nomor berikut: 0899-0207-016

[Nur/Ali]