Sempat Dimerger, Dua Sekolah di Tuban Ini Bakal Dibuka Lagi

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Tuban, rencananya bakal membuka kembali dua sekolah yang sebelumnya sempat dimerger.

Hal tersebut, diungkapkan langsung oleh Kepala Disdik Tuban, Abdul Rakhmat. Menurutnya, dua sekolah tersebut ialah SDN Dagangan II yang berada di Kecamatan Parengan dan juga SDN Kedungsoko yang ada di Kecamatan Plumpang. 

"Sekolah yang rencananya dibuka lagi adalah yang dulu merger," ujarnya kepada blokTuban.com, saat dikonfirmasi Sabtu (13/1/2024). 

Menurut pria yang akrab disapa Rakhmat ini, jika SDN Dagangan II, sebelumnya ditutup dan dimerger dengan SDN Dagangan I. Sedangkan SDN Kedungsoko II juga sebelumnya dimerger dengan SDN Kedungsoko I. Sebabnya sama yakni minim siswa baru. 

Namun, pada tahun ini Pemkab Tuban memproyeksikan bakal membuka kembali kedua sekolah tersebut dengan mempertimbangkan beberapa hal.  

Akan dibukanya kembali dua sekolah di Kabupaten Tuban tersebut, lantaran kedua sekolah itu dinilai masih memiliki potensi siswa. 

Selain itu, dengan dibukanya kembali dua sekolah ini, para siswa akan mendapatkan akses pendidikan yang mudah, lantaran jaraknya yang dekat dengan rumah. 

"Pertimbangannya karena di sekitar kedua sekolah tersebut masih ada potensi siswanya, sehingga jaraknya terlalu jauh apabila ada yang ditutup," imbuhnya. [Sav/Ali]