Waspada 5 Penyakit Umum Terjadi Memasuki Awal Musim Hujan

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Musim hujan seringkali meningkatkan risiko penyakit tertentu karena kondisi lingkungan yang lembab dan suhu yang lebih rendah. 

Hujan yang mulai merata di beberapa daerah di indonesia, membuat kita harus waspada dengan berbagai potensi penyakit yang umum terjadi saat musim hujan berlangsung.

Berdasarkan laman Kemenkes penyakit umum yang menjangkit masyarakat di musim hujan yang harus diwaspadai diantaranya seperti, demam influeza, Demam Berdarah Dengue (DBD), leptospirosis, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) hingga masalah pencernaan.

Terdapat beberapa penyebab dan cara mengantisipasi penyakit-penyakit tersebut agar tidak semakin parah ataupun untuk menghindarinya.

Demam dan Flu
Penyakit demam dan flu yang timbul di awal musim penghujan biasanya disebabkan infeksi virus seperti virus influenza. Gejalanya timbul demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan, nyeri tubuh.

Untuk mengantisipasi demam dan influenza masyarakat dapat melakukan pencegahan dengan aksinasi influenza, menjaga kebersihan tangan, hindari kontak dengan orang yang sakit.

Demam Berdarah Dengue
Tidak kalah penting untuk diantisipasi adalah demam yang menjurus ke DBD atau Demam Berdarah Dengue. Penyakit ini disebabkan infeksi virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. Gejala yang perlu diwaspadai yaitu demam tinggi, nyeri sendi dan otot, ruam, pendarahan.

Perlu tindakan pencegahan sejak dini yaitu menghilangkan genangan air, menggunakan kelambu, menggunakan obat anti-nyamuk.

Leptospirosis
Berikutnya ada penyakit Leptospirosis yang disebabkan pencemaran bakteri menyebar melalui air seni hewan yang terinfeksi dengan gejala demam, sakit kepala, nyeri otot, muntah, mata merah. Perlu tindakan pencegahan seperti menghindari air yang terkontaminasi, kenakan pakaian pelindung.

Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)
Penyakit yang menyerang saluran pernapasan ini diakibatkan virus atau bakteri yang menyerang saluran pernapasan atas. Gejala yang ditimbulkan yaitu batuk, pilek, bersin, sakit tenggorokan dan dapat dicegah dengan menjaga kebersihan tangan, hindari kontak dengan orang yang sakit, praktik etika batuk dan bersin.

Infeksi Saluran Pencernaan
Infeksi pada pencernaan ini pada umumnya dikenal salah satunya diare. Penyababnya karena bakteri, virus, atau parasit yang menyerang saluran pencernaan. Gejala yang ditimbulkan yaitu diare, muntah, sakit perut. Hal ini dapat dicegah dengan menjaga kebersihan makanan dan air minum, mencuci tangan sebelum makan.

Untuk menjaga kesehatan serta mencegah infeksi saat musim penghujan, sebaiknya seseorang menjaga imunitas dengan mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang serta menjalani pola hidup bersih sehat

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS