Pelatih PSHT Tuban Dibekali Ilmu Pertolongan Saat Terjadi Insiden

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Tuban Pusat Madiun menggelar Diklat Pelatih Pencak Silat yang diikuti oleh pelatih perwakilan dari rayon se-Cabang Tuban. 

Acara ini berlangsung di Padepokan Persaudaraan SH Terate Cabang Tuban, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, selama dua hari penuh, mulai dari Sabtu (13/1/2024) pagi hingga Minggu (14/1/2024) sore.

Ketua Persaudaraan SH Terate Cabang Tuban, H Lamidi, menyampaikan terima kasih kepada semua pelatih yang turut serta dalam Diklat ini. Dia juga memberikan apresiasi kepada jajaran panitia yang bekerja keras untuk menyiapkan dan menyelenggarakan acara ini selama beberapa hari.

"Adik-adik yang saat ini menjadi peserta merupakan merupakan para pelatih yang dipilih masing-masing rayon untuk mengikuti Diklat ini," jelasnya. 

Lamidi juga mengucapkan terima kasih kepada para pelatih sebagai salah satu ujung tombak dalam meneruskan ajaran silat Persaudaraan SH Terate. 

Para pelatih bertanggungjawab mengajarkan materi-materi silat kepada siswa-siswa yang berjuang untuk menjadi bagian dari Persaudaraan SH Terate.

Ada beberapa materi penting yang diberikan pada Diklat pelatih ini. Seorang pelatih, tidak hanya mengerti soal teknik silat dan beladiri, tetapi juga paham tentang keorganisasian, administrasi, dan juga pertolongan pertama sebagai antisipasi ketika ada insiden di tempat latihan.

Beberapa materi penting yang diberikan kepada para pelatih yakni ulasan yang lebih mendalam tentang materi-materi silat SH Terate di semua tingkatan, materi tentang keorganisasian, materi tentang tata kelola administrasi, dan juga materi penting tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Olahraga (P3KO).

Diklat ini dimaksudkan untuk menjadi sarana peningkatan skill dan pengetahuan pelatih. Selain itu, juga sebagai bekal pelatih untuk bisa menangani sementara kendala-kendala di tempat latihan sembari melakukan kordinasi dengan pengurus di masing-masing tingkatan. [Ali/Dwi]