Faktor Ekonomi dan Sulit Cari Pekerjaan, Maraknya Peredaran Narkoba di Tuban

Reporter: Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com - Faktor sulitnya mencari lapangan pekerjaan menjadi alasan para pengedar narkoba di Kabupaten Tuban, rela menjalani bisnis haram ini. 

 

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan reporter bloktuban.com, saat ini di Kabupaten Tuban sendiri narkoba yang marak diedarkan yaitu narkoba berjenis pil carnophen. 

 

Pada bulan Juli kemarin Resnarkoba Polres Tuban berhasil mengamankan 22 Kilogram pil carnophen, dan pada bulan Agustus kembali mengamankan 12 tersangka dengan barang bukti sebanyak 14.565 butir Pil double L, 929 butir pil Y, 53 butir carnophen serta 4,51 gram Sabu.

 

Dikonfirmasi blokTuban.com Kasat Resnarkoba Polres Tuban, AKP Teguh Triyo Handoko mengatakan jika pengedar narkoba di Kabupaten Tuban didominasi oleh orang dengan rentang usia produktif. 

 

"Kalau pengedar narkoba di Kabupaten Tuban rata-rata memiliki usia sekitar 26-43 tahun," ujar Teguh Triyo Handoko. 

 

Lebih lanjut Teguh menjelaskan jika rata-rata dari keterangan para pelaku yang berhasil diamankan, mereka mengatakan kalau faktor sulitnya mencari lapangan pekerjaan di Kabupaten Tuban mengharuskan mereka menjalani usaha ini . 

 

"Sebagian keterangan dari mereka seperti itu, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari", ujarnya.

 

Dengan faktor tersebut mereka menjadikan usaha ini, sebagai jalan pintas dan digunakan sebagai mata pencahariannya. 

 

Sementara itu dari data Keadaan Ketenagakerjaan Tuban Agustus 2022, Badan Pusat Statistik Kabupaten Tuban angkatan kerja di Kabupaten Tuban yaitu 702.600 orang dan terdiri dari 670.721 orang bekerja dan 31.879 orang pengangguran. [Nur/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS