Harga Padi dan Beras Kian Mahal, Daya Beli Masyarakat Tuban Turun

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Harga beras di Kabupaten Tuban hari ini menyentuh harga Rp13.400 per kilogram, sedangkan padi masih di harga Rp7.400 per kilogram.

Berdasarkan informasi di lapangan pada hari ini Senin (18/09/2023) harga padi dan beras di Kabupaten Tuban mengalami selisih sekitar Rp6.000.

Ditemui blokTubaban.com salah satu pedagang beras di  Pasar Baru Tuban Sumiatun (65) menuturkan jika harga beras di toko miliknya mulai mengalami kenaikan sekitar satu bulan setengah yang lalu.

"Beras mulai mengalami kenaikan sekitar satu bulan setengah yang lalu," ujar Sumiatun.

baca juga:

Tekan Lonjakan Harga Pangan di Tuban, Pemkab Gelar Operasi Pasar

Lebih lanjut Sumiatun mengatakan jika saat ini, beras di tokonya memiliki harga berkisar Rp11.500 sampai Rp13.400 per kilogramnya. 

Untuk beras seharga Rp11.500 merupakan beras dengan kualitas medium, sedangkan beras dengan harga Rp13.400 merupakan beras dengan kualitas premium. 

Kenaikan beras sendiri, menurut Sumiatun, berjalan secara bertahap mulai dari Rp200. Namun hampir setiap minggunya terus mengalami kenaikan dan hingga saat ini menyentuh angka tersebut. 

Sumiatun juga menunjukkan perbandingan sebelum adanya kenaikan harga beras seperti saat ini, harga beras umumnya dengan kualitas medium, akan dijual dengan kisaran harga Rp10.400 dan premium berkisar Rp12.000.

baca juga:

Hari Ini Cabai Merah Keriting Naik, Beras Premium Tembus Rp13.500 Per Kg

Dengan adanya kenaikan ini penurunan pembeli juga dirasakan Sumiatun, banyak pembeli yang tidak berani membeli dengan kuantitas yang banyak. 

"Pembeli gak berani membeli beras banyak, soalnya mereka takut tiba-tiba harga beras turun," imbuhnya

Untuk beras yang dijual oleh Sumiatun, merupakan beras yang berasal dari sekitar wilayah Kabupaten Tuban sendiri, seperti dari Kecamatan Widang dan beberapa juga dari Kabupaten Lamongan. 

Sementara ini salah satu petani di Desa Bandungrejo, Kecamatan Plumpang, Muhammad Iswanto mengatakan jika hari ini harga padi di Desa Bandungrejo berkisar harga Rp7.100 hingga Rp7.400 per kilogram. 

baca juga:

Tips Aman dan Efektif Menyimpan Beras Bebas dari Kutu

 "Harga di sini sekitar Rp7.100 hingga 7.400 per kilogram," ujarnya. 

Perbedaan harga tersebut lantaran tergantung dari proses pemanenan padi tersebut, jika proses pemanenan menggunakan mesin manual (blower) padi dihargai dengan Rp7.100 per kilogram.

Sedangkan jika mati tersebut dipanen menggunakan mesin combine, maka padi dihargai dengan harga Rp7.400 per kilogram.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS