Mau Buka Warung Kopi di Tuban, Simak Analisis Ini Dulu

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Bagi kalian para pembaca blokTuban.com. Bingung mencari usaha untuk mendapatkan penghasilan lebih mungkin tak ada salahnya kalian mencoba bisnis warung kopi.

Salah satu pebisnis warung kopi di Kabupaten Tuban, Heri poernomo (46) mengatakan bahwa peluang bisnis warung kopi di Kabupaten Tuban, sangatlah besar. Sebab, saat ini kopi sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat.

"Kalau berbicara kopi saat ini di Kabupaten Tuban kopi menjadi kebutuhan bagi masyarakat baik muda atau dewasa, serta tak akan ada habisnya," ujar Heri Poernomo, Minggu (17/9/2023).

Menurutnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mendirikan sebuah bisnis warung kopi. Yang perlu diperhatikan saat membuat warung kopi yaitu kenyamanan dari sebuah warung kopi tersebut, seperti parkiran yang luas, tempat yang nyaman untuk dipakai nongkrong ataupun mengerjakan sebuah tugas. Internet yang menjadi kebutuhan semua masyarakat saat ini, harus diperhatikan.

"Salah satu cara untuk membentuk kenyamanan dari customer juga dengan menjaga kecepatan atau koneksi dari internet yang ada di warung kopi itu sendiri, sebab tak sedikit dari pelanggan warung kopi itu membutuhkan jaringan internet untuk digunakan mengerjakan tugas sekolah maupun tugas kantor," imbuhnya.

Selain itu, keberanian dengan analisis yang tepat juga menjadi dasar suksesnya seseorang dalam merintis usaha warung kopi. Heri sendiri saat ini sudah menggeluti usaha bisnis kopi sejak 10 tahun lalu tepatnya di tahun 2013 dan saat ini ia sudah memiliki 3 warung kopi yang tersebar di Kabupaten Tuban.

Heri sedikit membeberkan keuntungan yang dihasilkan dari sebuah warung kopi dengan menjual kopi seharga Rp5.000 dengan perincian biaya beli sachet kopi Rp1.000 ditambah Rp1.500 (air + gas) pengusaha kopi akan mendapatkan laba Rp2.500.

Heri berpesan kepada setiap masyarakat yang hendak mendirikan warung kopi, dengan keberanian dan langsung aksen akan menjadi kunci sukses. Serta tidak menunda waktu sebab waktu tidak bisa berputar kembali.[Nur/Ali]