Target 10 Besar Meleset, DPRD Tuban Tuding Pemkab Kurang Persiapan

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) VIII tahun 2023 telah usai dan resmi ditutup, di Stadion Gajah Mada Mojosari Mojokerto, Sabtu (16/9/2023) malam kemarin.

Ajang olahraga yang berlangsung di Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto dan Kabupaten Jombang selama delapan hari ini, diikuti oleh ratusan atlet berkompeten dari berbagai kabupaten/kota yang ada di Jawa Timur, termasuk Kabupaten Tuban.

Pada Porprov tahun 2023 ini, Kontingan atlet Kabupaten Tuban berhasil mendapatkan peringkat ke-13, dengan total perolehan sebanyak 130 poin. Hal tersebut, membuat Kabupaten Tuban tidak mencapai target yang diinginkan.

Dikonfirmasi blokTuban.com, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban, Miyadi menjelaskan sebenarnya target Kabupaten Tuban pada Porprov tahun ini ialah masuk ke dalam 10 besar.

"Target Tuban sebetulnya adalah 10 besar, namun finis hanya pada 13 besar," bebernya kepada blokTuban.com, Minggu (17/9/2023).

Oleh karena itu, Miyadi meminta kepada pihak terkait untuk  mengevaluasi secara keseluruhan tentang persiapan Porprov tahun ini. Yang artinya, kurang ada persiapan untuk mendidik atlet yang berkualitas.

Dengan demikian, ia berharap untuk ke depannya, hendaknya dilakukan pembinaan kepada para atlet di Kabupaten Tuban secara berkala.

"Artinya kurang persiapan untuk mendidik atlet yang berkualitas, kedepannya juga harus dilakukan pembinaan secara berkala," timpalnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudporapar) Kabupaten Tuban, M Emawan mengatakan bahwa setiap permainan atau perlombaan pasti akan ada fase menang maupun kalah.

Menurutnya, hal tersebut akan menjadi pembelajaran bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban untuk mengevaluasi diri dan juga melakukan perubahan guna meningkatkan kualitas

"Itulah permainan ada kalanya menang ada kalanya kalah. Itu semua menjadi pelajaran buat kami utk evaluasi diri dalam rangka meningkatkan kualitas," paparnya.

Meski demikian, lanjut Emawan sapaan akrabnya, para atlet Kabupaten Tuban sudah berjuang sekuat tenaga dan juga tampil secara maksimal dalam ajang Porprov Jatim tahun 2023 ini.

Sekedar diketahui, pada ajang Porprov Jatim VIII tahun 2023 ini, Kabupaten Tuban memperoleh medali emas sebanyak 12, medali perak 23, dan medali perunggu sebanyak 36, dengan perolehan poin sebesar 130 poin. [Sav/Ali]