BMKG Tuban Prediksi Awal Musim Penghujan di Bulan November Mendatang

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blok Tuban.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, memprediksi jika awal musim penghujan di Kabupaten Tuban, terjadi pada Bulan November dasarian III hingga awal Desember 2023 mendatang. 

Hal tersebut, berdasarkan data yang dihasilkan dari analisa prakiraan cuaca yang dilakukan oleh BMKG Tuban. Pasalnya, puncak musim kemarau 2023 ini sendiri, terjadi pada Bulan Agustus hingga Bulan September ini.

"Puncak musim kemaraunya terjadi pada Bulan Agustus 2023 sampai September 2023," ungkap Kepala BMKG Kabupaten Tuban, Zem Irianto Padma kepada blokTuban.com saat dikonfirmasi, Rabu (13/9/2023). 

Bahkan menurutnya, pada puncak musim kemarau ini suhu udara maksimum yang terjadi di wilayah Kabupaten Tuban, tercatat sebesar 33,4 derajat celsius yang terjadi pada 10 September 2023 kemarin. 

Meski demikian, pria yang akrab disapa Zem ini menuturkan selama musim kemarau berlangsung, masih ada potensi terjadinya hujan. Hanya saja, potensinya sangat rendah sekali. 

"Selama puncak musim kemarau masih ada potebsi hujan tetapi sangat minim sekali. Potensi curah hujan yg turun berkisar 0 - 5 mm," jelasnya. 

Oleh karena itu, ia menghimbau kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Tuban, untuk bijak dalam menggunakan air bersih selama musim kemarau ini berlangsung, lantaran musim kemarau pada tahun ini diprediksi akan lebih kering dan panjang, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. 

Lebih lanjut, Zem juga menambahkan jika awal musim penghujan tahun ini, diprakirakan akan terjadi pada Bulan November dasarian III dan awal Bulan Desember 2023 mendatang. [Sav/Dwi] 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS