Warga Tuban Inisiatif Perbaiki Jalan Lingkungan Secara Swadaya

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Merasa kecewa tak dibuatkan jalan hingga menuju Sungai Bengawan Solo warga Desa Kebomlati berinisiatif membangun jalan lingkungan secara swadaya dengan uang pribadi, Selasa (12/09/2023). 

Desa Kebomlati, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, merupakan salah satu desa di Kabupaten Tuban yang berada di bantaran Sungai Bengawan Solo. 

Hal ini menjadikan masyarakat sekitar juga sering beraktivitas di Sungai Bengawan Solo, bahkan beberapa dari mereka juga menggantungkan hidupnya di sungai ini. 

Namun adanya pembangunan jalan desa yang sudah selesai sekitar 3 minggu yang lalu, namun tak sampai ujung bibir Sungai Bengawan Solo, menjadikan masyarakat Dusun Mlaten,  Desa Kebomlati kecewa.

Kemudian masyarakat berunding untuk  pembangunan jalan ini sendiri, dengan inisiatif oleh pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Kebon Melati, sore ini mereka membangun jalannya sendiri. 

Perbaikan jalan lingkungan secara swadaya oleh warga Desa Kebomlati. (Foto: M Nurkholis/ bloktuban)

"Jalan di bangun karena kekecewaan warga terhadap pembangunan yang tidak sampai ujung oleh karena itu warga berinisiatif membangun sendiri," ujar Umamuddin (22). 

Lebih lanjut Didin menjelaskan bahwa jalan yang dibangun masyarakat sore ini, memiliki panjang kurang lebih 50 meter.

"Jalan yang kita bangun pada sore ini memiliki panjang sekitar 50 meter," sambungnya.

Pembangunan jalan ini, menggunakan material cor dan memiliki panjang 50 meter, ditaksir untuk membangun jalan ini, warga menghabiskan dana sekitar Rp12 juta hingga Rp15 juta.

Sedangkan untuk dana pembangunan jalan ini  berasal dari swadaya masyarakat sekitar, serta beberapa orang yang ingin menyumbang.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS