Kasus Kebakaran di Kabupaten Tuban Sehari Ada 7 Titik

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Hari Senin (11/09/2023) kemarin, merupakan hari yang sibuk bagi petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tuban, sebab mulai dari kemarin hingga dini hari tadi, Selasa (12/9/2023) mereka harus memadamkan 7 titik kebakaran di berbagai lokasi yang ada di Kabupaten Tuban. 

Kepada blokTuban.com Kepala Bidang (Kabid) Damkar Satpol PP Tuban, Sutaji mengatakan benar terdapat 7  titik kebakaran di berbagai wilayah Kabupaten Tuban mulai dari hari Senin kemarin hingga dini hari tadi. 

 

"Hari senin hingga tadi dini hari ada 7 titik kebakaran di Kabupaten Tuban," ujar Sutaji. 

 

7 titik kebakaran  tersebut pertama terjadi di Gudang ikan di Desa Glodog, Kecamatan Palang. 

 

Kemudian dilanjutkan dengan kebakaran rumah di Desa Leran Kulon Kecamatan Palang, dilanjut terdapat kebakaran lahan tebu dekat Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum di Desa Minohorejo Kecamatan  Widang. 

Selanjutnya terdapat Kebakaran lahan di kecamatan Plumpang, dan malam harinya terdapat 2 kejadian kebakaran lahan di Kecamatan Semanding tepatnya  depannya Sma 5 Tuban dan kemudian usai api padam ada kebakaran lagi di sebelah utara TPA Gunung Panggung Tuban. 

Dan pada hari ini tepatnya pada 02.30 dini hari tadi, terdapat kebakaran lahan di Desa Tahulu, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. 

"Total ada sekitar 13 mobil damkar yang kita dikerahkan untuk memadamkan api," imbuhnya. 

Disinggung terkait penyebab kebakaran menurutnya banyak faktor yang mempengaruhi kebakaran seperti korsleting listrik, membakar sampah hingga membuang puntung rokok sembarangan. 

Untuk itu Sutaji menghimbau agar tak terjadi kebakaran  supaya tidak membakar sampah sembarangan, serta melakukan gotong royong kerja bakti pembersihan semak kering sebab semak kering sangat mudah terbakar. 

Sebagai informasi tambahan dari bulan Januari hingga Agustus 2023 ini di Kabupaten Tuban sudah terjadi 54 kejadian kebakaran. Dengan perincian pada Bulan Januari 3 kejadian, Februari 5 kejadian, Maret 3 kejadian, April 3 kejadian, Mei 13 kejadian, Juni 9 kejadian, Juli 6 kejadian, Agustus 12 kejadian. 

Dan Bagi masyarakat Tuban yang membutuhkan bantuan dari Satpol PP dan Damkar bisa menghubungi Telp (0356) 321003, PMK (0356)321016,(0356)113, e-mail: satpolpp@tubankab.go.id. [Nur/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS