Kurang Perawatan, Salah Satu Sila di Monumen Adpada Pancasila Tuban Hilang

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Hilangnya sila pertama dalam monumen Adpada Pancasila Tuban yang berada di Jalan RE Martadinata Tuban, menimbulkan reaksi Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Tuban. 

Monumen Adpada Pancasila Tuban adalah sebuah monumen yang di temboknya bertuliskan 5 sila pancasila. Di atas sila tersebut terdapat sebuah burung garuda yang cukup besar sambil mengepakkan sayapnya. Namun, ada pemandangan berbeda ketika kita melihat monumen ini sebab tulisan sila pertama di monumen ini hilang. 

Menurut Darno, salah satu pedagang rokok yang ada di sekitar monumen, mengatakan jika sila pertama dari monumen ini telah hilang sejak lama. 

"Sudah hilang sudah lama sekitar satu tahun yang lalu mas," ujar Darno. 

Lebih lanjut Darno mengatakan jika tulisan sila pertama ini hilang saat cuaca sedang angin kencang. 

"Tulisan itu runtuh saat angin kencang, biasanya jika ada pengunjung dan bertempatan ada angin kencang, saya akan himbau agar menjauh biar tidak kejatuhan keramik," imbuhnya. 

Sementara itu, Ketua Bidang Organisasi Keanggotaan dan Kaderisasi MPC PP Tuban Triaji menuturkan jika hilangnya tulisan sila pertama di monumen Adpada Pancasila Tuban merupakan suatu hal yang fatal. 

"Masak monumen Adpada yang menurut kami itu merupakan suatu monumen keramat bagi bangsa ini dibiarkan saja, ya ini kan suatu hal yang sangat fatal mas," ujarnya. 

Pria yang akrab disapa Aji ini menambahkan, jika adanya hal ini menimbulkan kesan tidak menghargai negara sama sekali. 

"Belakang ini kan sering di gembor-gemborkan oleh pemerintah terkait pembangunan dan lain-lain. Tapi, nyatanya monumen Adpada ini hancur terkesan tidak terawat," imbuhnya. 

Dengan adanya kerusakan ini Aji beranggapan bahwa di Kabupaten Tuban masih sangat kurang penguatan moral kebangsaan. Ia berharap agar pihak-pihak terkait merespon dan melakukan langkah cepat untuk memperbaikinya. 

Dan seluruh pihak terkait segera melakukan langkah konkrit tentang penguatan moral Kebangsaan. 

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PUPR-PRKP) Kabupaten Tuban, Agung Supriyadi mengatakan jika ia sudah menugaskan anggotanya agar segera memperbaiki. 

"Sudah kita tugaskan teman-teman bidang untuk memperbaiki," ujarnya. 

Lebih lanjut Agung menjelaskan, jika PUPR-PRKP sudah memesankan bahan untuk mengganti kerusakan sila pertama di monumen Adpada Pancasila Tuban. 

"Semoga dalam waktu dekat sudah jadi dan segera dipasang," imbuhnya. [Nur/Ali]