Terulangnya Kebakaran di Lahan Kilang Tuban Saat Tim Investigasi Bekerja

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Kebakaran kembali melanda lahan kilang Gross Root Refinery (GRR) yang berada di Jati Peteng Jenu tepatnya di Dusun Bogang, Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Kebakaran ketiga kalinya tersebut terjadi disaat tim investigasi masih bekerja mendalami penyebab kebakaran besar yang terjadi pada 4 September 2023. 

Kepada blokTuban.com, Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban, Gunadi mengatakan jika titik api di Jati Peteng tersebut, pertama kali diketahui atau dilaporkan kepada pihaknya sekira pukul 13.15 Wib. 

"Sekarang informasinya terdapat titik api pada lahan di sekitar wilayah Jatipeteng, tapi lokasinya berbeda dengan yang kemarin, di Dusun Bogang, Desa Wadung," ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu (10/9/2023). 

Untuk memadamkan kobaran api di lahan milik PT Pertamina ini sendiri, petugas dari Damkar Tuban membutuhkan waktu berjam-jam dengan mengerahkan kurang lebih sekitar enam unit pemadam kebakaran. 

Setelah sampai dilokasi dan bergulat dengan panasnya si jago merah, akhirnya petugas berhasil memadamkan api sekitar pukul 16.30 Wib. 

Hanya saja, petugas tidak langsung meninggalkan lokasi, lantaran harus dilakukan penyisiran, guna memastikan tidak ada lagi titik-titik api di tempat tersebut. 

"Saat ini sudah padam mbak, tapi kita lakukan penyisiran untuk memastikan tidak ada titik-titik api lagi," bebernya. 

Kendati demikian, Gunadi mengaku jika sampai saat ini pihaknya belum mengetahui apa penyebab dari kebakaran tersebut, dan berapa luas lahan yang terbakar dari peristiwa ini. 

"Kami tidak bisa memastikan penyebabnya karena kami datang sudah terjadi kebakaran," katanya. 

Ditambahkan oleh Kapolsek Jenu, Iptu Rianto bahwa, sesuai informasi dari warga setempat ada dua titik kebakaran yakni di sebelah timur dan barat. 

"Api bisa baru bisa dipadamkan tiga jam kemudian setelah mobil Damkar Pemkab Tuban dibantu dari PLTU, TPPI serta warga setempat," ungkap Rianto.

kebakaran lahan di proyek Strategis Nasional (PSN) yang berada wilayah Desa Sumurgeneg, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban sudah terjadi dua kali. 

Catatan blokTuban.com, sudah tiga kali lahan di area proyek Kilang Tuban terbakar. Kejadian pertama pada Kamis 31 Agustus dengan luasan sekitar 5 hektar. Kemudian, Senin 4 September lahan Kilang Tuban kembali terbakar seluas 10 hektar. Kedua kejadian itu berada di Desa Sumurgeneg, Kecamatan Jenu.

Terkait luasan dan dugaan penyebab kebakaran kali ketiga ini, belum ada pernyataan resmi dari GRR Tuban. Sebelumnya, M. Solihin, Sr. Project Manager Early Work GRR Tuban, PT Kilang Pertamina Internasional terus mengevaluasi dan peninjuan secara serius soal penyebab kebakaran dan kerugian kebakaran kedua. 

“Iya, mohon izin kami melakukan investigasi mendalam perihal penyebab kebakaran dan hal-hal lain yang mengiringi insiden ini termasuk jumlah kerugian yang kami alami," jelasnya. [Sav/Ali]