Tuban Sembada 2023: Upaya Pembukuan Legenda, Dongeng, dan Mitos di Tuban

Penulis : Andriana Tanti

blokTuban.com - Semarak Penulisan dan Pembacaan Cerita Legenda (Sembada) 2023 akan dilaksanakan secara serentak di masing-masing pendopo kecamatan se-Kabupaten Tuban. Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Tuban yang ke-730 dan Hari Guru ke-78 tahun 2023. 

Kegiatan Tuban Sembada dipelopori oleh Ikatan Guru Penulis Tuban (IGPT) yang diketuai oleh Sriyatni, M.Pd guru SDN Sumurjalak 2 yang juga sekaligus sebagai koordinator Tuban Sembada 2023. 

Mengawali kegiatan Tuban Sembada, maka IGPT bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban mengadakan kegiatan Workshop Penulisan Cerita Legenda untuk semua guru dari berbagai jenjang pendidikan mulai TK, SD, SMP dan SMA. 

Kegiatan dilaksanakan di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban selama 2 hari mulai 9-10 September 2023 dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban Abdul Rakhmat, ST, MT. 

Workshop dengan jumlah peserta 400 guru sekabupaten Tuban dan menghadirkan narasumber yang tidak kaleng-kaleng serta tidak lagi diragukan kemampuannya di bidang literasi. 

Narasumber yang hadir yaitu Ahmad Atto'illah (redaktur Jawa Pos, Radar Tuban), Dr. H. Mustafa, M.Pd (Dosen Pasca Sarjana Unisda), Heri Kustomo, M.Pd (Kepala Sekolah dan penulis), Amin Mulyanto, S.S (Balai Bahasa propinsi Jawa Timur), dan DR. Sariban, M.Pd (dosen, guru SMP Negeri 2 Tuban, penggiat literasi).

Workshop kepenulisan ini tidak hanya diminati oleh para pendidik saja namun juga diikuti oleh siswa-siswi dari SDIT Insan Kamil Tuban.

Tujuan dari workshop penulisan Tuban Sembada ini untuk melestarikan dan membukukan legenda, dongeng, dan mitos-mitos yang ada di masyarakat Tuban. 

Nantinya buku-buku tentang legenda yang tersebar di wilayah kabupaten Tuban yang tercetak akan dimasukkan SIPLAH sebagai bahan bacaan di sekolah-sekolah. [*/Ali]