Pabrik Pembakaran Batu Kumbung di Tuban Kebakaran, Diduga Percikan Api dari Hutan Jati

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Sebuah pabrik pembakaran batu kumbung (Jubung) di Desa Pakis, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, mengalami kebakaran. 

Dikonfirmasi blok Tuban kepala Satpol PP dan pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Tuban Gunadi mengurutkan jika kebakaran ini terjadi pada pukul 09.24 WIB

"Kejadian terjadi sekitar jam 09.24 Wib tadi," ujar Gunadi. 

Lebih lanjut Gunadi menuturkan jika kebakaran ini ini disebabkan karena adanya pembakaran lahan jati yang berada di belakang jubung tersebut. 

Kondisi angin yang cukup kencang, menjadikan api cepat merambat, api yang merambat tersebut kemudian menjalar ke pagar pembatas dan tepat di sana, terdapat tumpukan serbuk gergaji, bonggol jagung, triplek, dan kayu bakar. 

"Kebakaran ini disebabkan karena adanya pembakaran lahan jati di belakang jubung," imbuhnya. 

Dengan semakin besarnya api masyarakat pun kemudian menghubungi petugas pemadam kebakaran untuk melakukan upaya pemadaman. 

Pendapat laporan tersebut dua unit mobil damkar pun dikerahkan untuk melakukan pemajangan di lokasi jubung ini.

Tak hanya petugas pemadam, masyarakat pun turut membantu memadamkan api dengan cara mengeruk tanah, dengan memakai alat berat  untuk memutus rantai api. 

Dari kerja keras ini, api kemudian berhasil dipadamkan pada pukul 10.55 WIB untuk kemudian dilanjutkan dengan pembasahan. Usai dirasa sudah aman petugas Damkar sendiri meninggalkan lokasi sekitar pukul 13.30 WIB. 

Untung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa namun pemilik jubung diperkirakan harus mengalami kerugian mencapai Rp10 juta. 

Sebagai informasi tambahan dari bulan Januari hingga Agustus 2023 ini di Kabupaten Tuban sudah terjadi 54 kejadian kebakaran. Dengan perincian pada Bulan Januari 3 kejadian, Februari 5 kejadian, Maret 3 kejadian, April 3 kejadian, Mei 13 kejadian, Juni 9 kejadian, Juli 6 kejadian, Agustus 12 kejadian. 

Dan Bagi masyarakat Tuban yang membutuhkan bantuan dari Satpol PP dan Damkar bisa menghubungi Telp (0356) 321003, PMK (0356)321016,(0356)113, e-mail: satpolpp@tubankab.go.id.[Nur/ Dwi] 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS