Seleksi Tim U-17 Dimulai Sasar 10 Kota

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - PSSI kini telah memulai seleksi tim U-17. Proses seleksi diawali Kabupaten Bandung pada Rabu (12/7). 

Pada seleksi tim tersebut, Presiden Joko Widodo berkesempatan memantau secara langsung ke Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung. 

Kunjungan itu selain mengecek kesiapan stadion juga melihat seleksi tim U-17 untuk wilayah Jawa Barat.

Dalam kunjungan itu, Presiden didampingi Seskab Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menpora Dito Ario Tedjo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Hadir pula Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali, Ratu Tisha, Sekjen Yunus Nusi, Exco Arya Sinulingga, Endri Erawan, dan Sumardji.

“Saya senang bahwa akan dilakukan proses seleksi di 10 kota," ujar Jokowi kepada awak media dikutip blokTuban.com.

"Yang nanti ini saya tanya coach Bima Sakti, berapa yang diseleksi, hari ini 187 pemain dan akan diambil gak tau, kalau bagus semua ya diambil 187. Tapi ya ada satu, dua, tiga (pemain) gitu diambil," katanya.

Jokowi mengaku, proses seleksi tersebut harus diberikan apresiasi. Sehingga anak-anak bisa lebih semangat.

"Saya kira proses seperti ini yang saya harus memberikan apresiasi kepada PSSI yang memberikan kesempatan kepada anak-anak muda kita untuk bisa ikut berpartisipasi di Piala Dunia U-17.

Dalam proses seleksi itu, PSSI melibatkan mantan pemain nasional. Seperti Robi Darwis, Rully Nere, Budi Sudarsono, dan Firman Utina.

Setelah menggelar seleksi di beberapa kota, pemain yang lolos akan berangkat ke Eropa untuk melakukan pemusatan latihan sekaligus uji coba dengan tim-tim kuat di Eropa, Afrika, dan Asia lainnya.

“Ini penting karena pemain harus terbiasa menghadapi lawan-lawan tangguh sebelum mengikuti Piala Dunia U-17,” sebut Erick. [Ali]