Puluhan Atlet Panjat Tebing Tuban Asah Teknik Pemanjatan Top Rope dan Sport

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Puluhan atlet panjat tebing di Kabupaten Tuban, menggelar latihan gabungan panjat tebing bersama, di Lembah Gembul yang berada di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Tuban, Cucuk Widiarto mengatakan jika pada latihan gabungan yang digelar selama dua hari ini, diikuti setidaknya oleh 25 atlet panjat tebing dari beberapa komunitas yang ada di Kabupaten Tuban.

“Kegiatan ini diikuti olrh 25 atlet dari pegiat olahraga panjat tebing dan komunitas pecinta alam di Tuban, yang didukung oleh Mahipal Unirow dan FPTI Pemerintah Kabupaten Tuban,” ujarnya kepada blokTuban.com, Minggu (9/7/2023)

Menurut pria yang akrab disapa Cucuk tersebut, latihan gabungan ini sendiri rurin diadakan oleh pihaknya minimal dua kali dalam satu tahun.

Tujuannya, untuk meningkatkan skill, baik kemampuan fisik maupun mental dari para atlet panjat tebing yang ada di Kabupaten Tuban. Selain itu, juga mengenalkan olahraga panjat tebing, sejak usia dini.

“Di sisi lain, latihan gabungan ini juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahim antar atlet panjat tebing, yang ada di Kabupaten Tuban dan sekitar,” katanya.

Adapun latihan yang dilakukan dalam kegiatan kali ini, lanjutnya, meliputi beberapa teknik. Seperti halnya teknik pembuatan jalur pemanjatan, teknik pengamanan atau di medan terjal, ataupun latihan menguasai teknik pemanjatan top rope dan sport.

Lebih lanjut, dengan diadakannya latihan gabungan tersebut, Cucuk berharap untuk ke depannya prestasi atlet panjat tebing di Kabupaten Tuban dapat terus meningkat, serta dapat menjadi wadah silaturahim bersama.

“Harapannya, semoga dapat meningkatkan prestasi atlet panjat tebing di Tuban, dapat menjadi wadah silaturahim dan sharing knowledge diantara penggiat olahraga panjat tebing,” pungkasnya. [Sav/Ali]