IGI Gelar Pelatihan ChatGPT untuk Guru di Tuban

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Perkembangan teknologi sudah memasuki era Revolusi Industri 4.0, dunia digital mengalami perkembangan yang luar biasa. Apalagi sejak hadirnya perusahaan Open AI milik Elon Musk dengan memberikan perkembangan dalam penggunaan artifical intelligence (AI) secara lebih luas dengan adanya pogram ChatGPT yang diperkenalkan kepada publik pada tahun 2021. 

Adanya program ini memberikan pengaruh pada dunia pendidikan di masa sekarang, sehingga tenaga pendidikan harus mampu mengembangkan kapasitas dan kualitas untuk menyesuaikan perkembangan dunia digital saat ini.

Ikatan Guru Indonesia (IGI) merupakan organisasi profesi yang memberikan wadah kepada guru yang ada di Indonesia untuk mengembangkan kualitas guru Indonesia secara kreatif dan inovatif. 

Pada sabtu (08/07) pengurus IGI Tuban bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Tuban, Kemenag Tuban dan DPRD Tuban untuk mengadakan pelatihan dalam pengembangan kualitas guru di Tuban tentang optimalisasi artificial Intelligence (AI) ChatGPT untuk pembelajaran dan penulisan karya tulis Ilmiah, yang dilaksanakan di gedung DPRD setempat.

Pelatihan ini diikuti 105 peserta dari berbagai lembaga pendidikan di Tuban. Narasumber dalam pelatihan ini adalah wakil ketua IGI daerah Surabaya, Bambang Hadi Prayitno, S.Si dan dewan pakar IGI kabupaten Tuban, Dr. Zaenal Arifin, M.Pd. pelatihan ini berjalan dengan lancar dan ketua IGI Tuban Ikhwan Fakhrudin, S.Pd sangat berterima kasih kepada semua pihak yang berperan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. 

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan kegiatan IGI Tuban. Terimakasih sponsor yg telah bersama kami. IGI Tuban akan terus meningkatkan kapasitas intelektual SDM guru di kabupaten Tuban dengan membuat pelatihan yang dibutuhkan oleh guru dan satuan pendidikan. Dengan terus sinergi dengan pemerintah daerah dan seluruh stakeholder terkait,” Ujarnya. 

Bersama Kemenag Tuban, Dinas Pendidikan kab Tuban, komunitas belajar guru penggerak, DPRD Tuban, Dewan Pendidikan Tuban, dan perusahaan, kolaborasi ini sebagai upaya IGI dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. 

"Kami di IGI ada SDM yang kompeten di bidang masing-masing siap bersama pemerintah mendampingi guru dan sekolah menyukseskan merdeka belajar,” Lanjutnya.

Ketua DPRD kabupaten Tuban H. Miyadi, M.Pd memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini. IGI memiliki peran dalam mengembangkan kualitas guru sehingga peserta didik juga menjadi berkualitas dan memiliki wawasan kebangsaan yang luas. 

Miyadi juga memberikan harapan kepada peserta pelatihan dan semua guru untuk memberikan peran yang lebih besar kepada masyarakat.

"Peran guru di masyakat harus ditingkatkan, kondisi yang tetjadi di masyakat juga harus dikembangkan untuk mencerdaskan anak bangsa yang berkualitas demi generasi penerus bangsa,” Ungkapnya dalam sambutan pembukaan pelatihan.

Perkembangan dalam bidang digital sangat cepat. Kualitas guru pendidik harus terus bertumbuh dan berkembang, sehingga guru berkualitas, generasi penerus bangsa juga akan cerdas. [Ali]