Fakta Menarik di Air Zamzam yang Banyak Dibawa Pulang Jemaah Haji

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Air Zamzam adalah sebuah sumur yang terletak di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. Air Zamzam memiliki keistimewaan dan makna penting dalam agama Islam terutama menjadi buah tangan wajib bagi jemaah haji.

Secara sejarah, Air Zamzam memiliki kisah yang berhubungan dengan Nabi Ibrahim (Abraham) dan putranya Nabi Ismail (Ishmael). Dalam tradisi Islam, diceritakan bahwa saat Nabi Ibrahim meninggalkan istrinya, Hajar, dan bayi Ismail di padang pasir Makkah, mereka mengalami kekurangan air. 

Dalam keadaan tersebut, Hajar berlari antara bukit-bukit Shafa dan Marwah untuk mencari air. Pada saat itu, muncul sebuah mata air yang menjadi sumber air zamzam yang mengalir hingga saat ini.

Karena kaitannya dengan kisah religius ini, Air Zamzam memiliki nilai spiritual dan penting bagi umat Islam. Banyak jutaan orang Muslim dari seluruh dunia yang berkunjung ke Masjidil Haram setiap tahunnya dan meminum Air Zamzam sebagai bagian dari ibadah mereka.

Dalam hal kualitas airnya, Air Zamzam dianggap sebagai air yang suci dan dapat diminum oleh umat Islam dalam berbagai kesempatan. Dalam praktik umat Islam, Air Zamzam sering dianggap sebagai berkah dan diyakini memiliki manfaat kesehatan, seperti berikut.

1. Air Zamzam Tidak Mengandung Kuman atau Bakteri

Tidak ada sumber air lain yang ada di dunia kecuali air zamzam yang bebas dari bakteri dan kuman. Menurut ahli pelestari sumur zamzam Dr Yahya Koshak, air zamzam adalah bentuk air paling murni karena tidak mengandung kotoran.

2. Tulang dan Gigi Sehat

Gigi dan tulang kita membutuhkan kalsium untuk mempertahankan daya tahannya. Meskipun sumber kalsium utama dan paling umum adalah minum susu atau mengkonsumsi produk susu, sedikit orang yang tahu bahwa air zamzam sangat kaya akan kalsium.

Ini juga mengandung fluorida tingkat tinggi, yang menyeimbangkan kadar kalsium dalam tubuh manusia dan menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, air zamzam juga mencegah kelahiran prematur dan keputihan.

3. Memberi Energi pada Sel Manusia

Air zamzam tidak hanya sebagai sumber pelepas dahaga tetapi juga merupakan sumber nutrisi tubuh yang terbukti. Seorang ilmuwan Jerman dan kepala pusat medis terbesar di Munich Knut Pfeiffer, mempelajari air Zamzam dan mengklaim bahwa air suci ini dapat memperkuat sel manusia.

Ia menyatakan, air zamzam memiliki kekuatan untuk menguatkan dan memperkuat sel-sel dalam tubuh manusia. Zamzam mengandung kalsium dan magnesium tingkat tinggi yang juga membantu mengatasi depresi dan kelelahan.

Minum Zamzam sangat dianjurkan di kalangan wanita hamil karena meminimalkan risiko kecemasan dan kelelahan selama kehamilan. Selain itu, air zamzam dikabarkan meningkatkan metabolisme dalam tubuh manusia dan meningkatkan trombosit darah.

4. Sumber Cairan yang Baik

Menurut Dr Yahya Koshak, air zamzam mengandung 366mg/I bikarbonat yang lebih banyak dibanding air di Pegunungan Alpen. Air di lokasi tersebut mengandung 357mg/I bikarbonat.

Ilmuwan air Dr Masaru Emoto mengatakan, air zamzam memiliki struktur molekul yang unik, rapi, dan menampilkan 12 warna memikat. Dengan banyaknya kandungan dalam air zamzam tak heran bila Rasulullah SAW memiliki kesehatan yang baik.

5. Membantu Menyembuhkan Beberapa Penyakit

Penelitian telah membuktikan bahwa air zamzam membantu dalam pencegahan penyakit. Misalnya diabetes, katarak kongenital, dan masalah nefrogenik (ginjal).

Namun, penting untuk diingat bahwa apa pun yang disebut sebagai "rahasia" di balik Air Zamzam mungkin berhubungan dengan keyakinan religius dan spiritual individu. Setiap orang memiliki persepsi dan interpretasi pribadi tentang fenomena keagamaan, dan ini dapat menciptakan makna dan penafsiran yang berbeda-beda.

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS