DPRD Jatim Dorong Kesenian Langen Tayub Tuban Masuk ke Dunia Pendidikan

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur (Jatim), mendorong Kesenian Langen Tayub di Kabupaten Tuban untuk masuk ke dunia pendidikan. Hal tersebut, bertujuan sebagai bentuk regenarasi kepada para masyarakat. Baik untuk masyarakat secara umum, maupun para pelajar di sekolah. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Anggota DPRD Jatim, Nur Aziz. Menurutnya, dengan masuknya kesenian Langen Tayub tersebut, bertujuan agar peminat Langen tayub tidak terputus kepada para generasi-generasi muda yang ada di Kabupaten Tuban. Selasa (4/7/2023). 

"Setidaknya ngibing dan bekso atau tayub ini, bisa menjadi muatan lokal yang di ekstrakan di lembaga-lembaga pendidikan. Sehingga ke depannya tidak terputus, karena ada kader-kader di bawahnya yang menyukai Langen Tayub," paparnya saat ditemui blokTuban.com di lokasi acara anniversary MIT Peduli yang Ke-7. 

Baca Juga:

Uri-uri Budaya, Lomba Ngibing Akan Diadakan di Tingkat Kabupaten Tuban

Pasalnya, hingga saat ini belum ada kesenian Langen Tayub yang masuk sebagai ekstrakurikuler sekolah. Dengan begitu, pria yang akrab disapa Aziz tersebut berharap agar Langen Tayub dapat mendunia, melalui bakat-bakat yang dimiliki oleh generasi muda. 

Untuk mengawal kesenian tersebut masuk ke kurikulum pendidikan, lanjutnya, maka seni Langen Tayub tersebut dapat dimasukkan ke dalam ekstrakurikuler sekolah. Sehingga, masing-masing lembaga pendidikan diberikan tugas untuk melatih para pelajar, untuk berlatih ngibing ataupun berlatih sebagai waranggono

"Sehingga kalau ini berkembang, nanti menjadi produk Tuban dan kita kembangkan lebih jauh dan menjadi tempat wisata budaya, karena Tayub ini luar biasa. Mulai dari gerakannya, lagunya, ataupun pakaiannya ini sangat santun," katanya. 

Lebih lanjut, Politisi asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut, juga mengapresiasi adanya upaya dari Pemerintah ataupun lembaga dalam melestarikan kesenian Langen tayub, dengan mengadakan kegiatan mbeso atau menari Langen tayub yang diadakan di Alun-alun Kota Tuban beberapa waktu lalu. 

"Alhamdulillah sudah ada perhatian dari pemerintah dan untuk pertama kalinya dalam sejarah, kemarin ada ngibing bersama Forkopimda dan jajaran di alun-alun ini kami apresiasi. Harapan saya tidak sampai disitu, namun pemerintah daerah ini benar-benar memperhatikan dan melestarikan, sampai memberikan pendidikan kepada masyarakat umum dan di bidang pendidikan," imbuhnya. [Sav/Dwi] 

Baca Juga:

LPM Makhdum Ibrahim IAINU Tuban Tanamkan Jurnalistik Dasar ke Anggota

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS