LPM Makhdum Ibrahim IAINU Tuban Tanamkan Jurnalistik Dasar ke Anggota

Reporter : Dahrul Mustaqim

blokTuban.com - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Makhdum Ibrahim melaksanakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik Dasar dan Pengukuhan Anggota di Gedung Makhdum Ibrahim Kampus Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban, Sabtu (01/07/23) dengan tema "Menumbuhkan Jiwa Jurnalistik dan Kembangkan Kemampuan Pers Mahasiswa yang Independen".

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut diikuti sebanyak 10 mahasiswa baru, serta beberapa mahasiswa IAINU yang sebelumnya belum mengikuti Diklat Jurnalistik Dasar.

Menurut Aksanu Amala selaku Pimpinan Umum LPM Makhdum Ibrahim, bahwa kegiatan jurnalistik dasar dilakukan di setiap tahunnya. Selain merekrut anggota, pelatihan jurnalistik juga menjadi agenda wajib yang harus dilaksanakan.

Baca Juga:

Bukan Tuban Kota dan Semanding, Ini kecamatan di Tuban yang Memiliki Sekolah Dasar Terbanyak

"Kegiatan ini ya wajib dilaksanakan setiap tahunnya pasca perekrutan mahasiswa baru," tuturnya.

Dia menambahkan, kegiatan pelatihan jurnalistik dasar bukan sekadar seremonial organisasi, akan tetapi menurutnya apa yang sudah didapatkan selama pelatihan harus diimplementasikan, minimal dapat membackup kegiatan yang ada di kampus IAINU Tuban.

"Usai kegiatan jurnalistik dasar, nanti mahasiswa diharuskan untuk melakukan liputan agenda yang ada di kampus," tambahnya.

Di waktu yang sama, pembina LPM Rr. Kusuma Dwi Ma'arifati, M.Pd, menuturkan bahwa menulis merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh mahasiswa.

"Mahasiswa wajib menulis, apalgi LPM menjadi organisasi yang bergerak di dunia literasi," katanya.

Selain itu, Rr. Kusuma menegaskan kepada mahasiswa binaannya untuk mematuhi aturan yang berlaku, sehingga apa yang ditulis mahasiswa saat melakukan liputan tidak mencederai orang lain.

Baca Juga:

Idul Adha Telah Usai, Waspada 5 Gejala Asam Urat

"Meskipun menulia menjadi aktivitas keseharian LPM, ingat ada aturan yang harus ditaati saat melakukan liputan di lapangan," tegasnya.

Sementara itu, Sri Wiyono selaku pemateri sekaligus Pemimpin Redaksi (Pemred) blokTuban.com menjelaskan akan pentingnya media dalam masyarakat sangat besar. 

Menurutnya, ada banyak peluang di dalamnya untuk sekadar merubah situasi dan kondisi yang sedang terjadi.

"Menulis adalah media untuk mengasah kepekaan terhadap situasi dan kondisi yang tengah kita hadapi," tuturnya. [Rul/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS