Uri-uri Budaya, Lomba Ngibing Akan Diadakan di Tingkat Kabupaten Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Jawa Timur (Jatim) akan mengadakan lomba Ngibing bersama Se-Kabupaten Tuban. Hal tersebut, dilakukannya untuk melestarikan Kesenian Langen Tayub di Kabupaten Tuban.

Anggota DPRD Jatim, Nur Aziz mengungkapkan dengan adanya kegiatan ini, ia berharap agar ke depannya kesenian Langen Tayub di Kabupaten Tuban dapat lebih berkembang dan maju dari sebelumnya. 

"Dari saya nanti akan mengadakan lomba Ngibing di tingkat Kabupaten. Mudah-mudahan ini nantu bisa menjadi spirit bagi warga Tuban, untuk cinta Tayub," ungkapnya saat ditemui di Lokasi Acara Anniversary MIT Perduli.  

Selain mengadakan lomba Ngibing, lanjutnya, ia juga mengaku akan berusaha untuk terus mengawal Kesenian Langen Tayub, sampai nanti bisa lebih bagus dan berkembang. 

Baca Juga:

Pantau Jadwal Kepulangan Jemaah Haji Indonesia Gelombang I 2023, Keluarga Jemput di Asrama

Pasalnya, pria yang akrab disapa Aziz ini mengatakan jika potensi budaya yang dimiliki oleh Kesenian Langen Tayub ini sangat besar. Bahkan, bisa dijadikan sebagai wisata budaya oleh para masyarakat di Kabupaten Tuban. 

"Kalau nanti ini berkembang menjadi produk Tuban dan kita kembangkan lebih jauh, menjadi tempat wisata budaya," imbuhnya. 

Melihat potensi luar biasa yang dimiliki oleh Kesenian Tayub ini, maka politisi asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut juga berharap agar nantinya Langen Tayub dapat dimasukkan ke dunia pendidikan, yaitu menjadi kegiatan ekstrakurikuler sekolah. 

"Saya lihat dan pelajari selama ini belum ada Tayub yang masuk dalam ekstrakurikuler, kalau karawitan memang ada. Mungkin tari Remo, tari Pendet dan tari Gambyong itu ada di sekolah-sekolah SD sampai SMA , tapi kalau untuk Ngibing, tari tayub, sampai tayub nya belum ada," jelasnya. [Sav/Dwi] 

Baca Juga:

Kemenag Imbau Jemaah Haji Jangan Masukkan Air Zamzam ke Koper, Sudah Dapat Jatah 10 Liter

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS