Cegah Sekolah Sepi Peminat, Begini Upaya yang dilakukan Disdik Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com Guna mencegah adanya sekolah yang sepi peminat di Kabupaten Tuban, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Tuban, melakukan berbagai upaya.

Pasalnya, diketahui jika pada Tahun ajaran 2022/2023 kemarin, terdapat beberapa sekolah di Kabupaten Tuban, yang masih sepi peminat. Bahkan, hanya ada satu siswa yang mendaftar.

Kepada blokTuban.com, Kepala Disdik Kabupaten Tuban, Abdul Rakhmat mengatakan jika pihanya akan melakukan evaluasi terhadap sekolah yang sepi peminat tersebut. Pasalnya, hal tersebut berkaitan dengan kepercayaan dari masyarakat kepada lembaga sekolah itu.

baca juga:

Bukan Tuban Kota dan Semanding, Ini kecamatan di Tuban yang Memiliki Sekolah Dasar Terbanyak

 

Oleh karena itu, pria yang akrab disapa Rakhmat ini mengaku jika pihaknya akan berusaha untuk menyakinkan kepada masyarakat, bahwa semua lembaga pendidikan memiliki kualitas yang sama.  

“Nanti akan kita evaluasi, karena ini berkaitan dengan kepercayaan masyarakat, kita akan menyakinkan masyarakat bahwa semua sekolah punya kualitas yang sama,” paparnya saat dikonfirmasi, Kamis (6/7/2023).

Sehingga, pihaknya akan meningkatkan kedisiplinan para tenaga pendidik, serta meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan ataupun workshop yang diselenggarakan.

Untuk mencegah adanya sekolah yang sepi peminat, lanjutnyaa maka juga perlu dilakukan pemenuhan sarana dan prasana sekolah, dengan melakukan pembangunan gedung sekolah.

baca juga:

24 SMPN di Tuban Belum Penuhi Pagu, Disdik: Sekolah Harus Berbenah Diri

“Kita tingkatkan kompetensinya melalui pelatihan-pelatihan, serta memenuhi sarana dan prasarana sekolah,” sambungnya.

Disamping itu, Mantan Staff Ahli Bupati ini juga menambahkan, bahwa sekolah juga perlu memenuhi peralatan atau media pembelajaran, serta memiliki program kegiatan unggulan, sehingga dapat menarik minat masyarakat sekitar.

“Pemenuhan peralatan atau media pembelajaran dan kita minta masing-masing sekolah, punya program atau kegiatan unggulan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar,” imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS