Wujudkan Jamban Sehat, WCKOEn Bangun WC di Kabupaten Tuban

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Bertujuan membantu percepatan Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan di Kabupaten Tuban. WCKOEn bangunkan 4 WC kepada warga Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. 

Menurut Ketua WCKOEn, Koen Irianto Uripan mengatakan bahwa tujuan dari WCKOEn membuatkan WC kepada masyarakat yaitu selain membantu mereka agar tidak buang air besar sembarangan, WCKOEn ingin mengedukasi kepada masyarakat terkait jamban sehat. 

"Selain membantu kita juga ingin memperkenalkan jamban sehat kepada masyarakat," ujar ketua WCKOEn, Koen Irianto Uripan kepada blokTuban.com, Rabu (5/07/2023). 

Sebab menurutnya di Kabupaten Tuban masyarakat masih banyak yang belum menggunakan jamban sehat karena beberapa masyarakat yang ada di Kabupaten Tuban cenderung membuang kotorannya ke sungai. 

Dampak dari pembuangan kotoran ke sungai itu pun cukup banyak, sebab tinja merupakan pusat dari segala penyakit bahkan dibandingkan dengan tinja hewan, tinja manusia lebih berbahaya. 

"Kalau berbicara terkait dampak dari membuang kotoran sembarangan itu banyak, namun yang perlu kita ketahui bahwa tinja merupakan pusat dari segala penyakit bahkan dibandingkan dengan tinja hewan tinjau manusia lebih berbahaya," imbuhnya. 

Pria yang akrab disapa Irianto itu menambahkan bahwa jamban sehat juga dapat meminimalisir stunting yang terjadi di suatu wilayah karena dengan kebersihan ibu saat hamil juga mempengaruhi kesehatan janin. 

Irianto menambahkan terdapat 8 kriteria jamban sehat yaitu

1.Tidak mencemari air

2. Tidak mencemari tanah permukaan

3. Bebas dari serangga

4. Tidak menimbulkan bau dan nyaman digunakan

5. Aman digunakan oleh pemakainya

6. Mudah dibersihkan dan tak menimbulkan gangguan

7. bagi pemakainya

8. Tidak menimbulkan pandangan yang kurang sopan

Selain Kabupaten Tuban WCKOEn, juga sudah memperkenalkan jamban sehat ke berbagai daerah yang ada di Jawa Timur 

"Kita sudah memperkenalkan jamban sehat ini di berbagai wilayah yang ada di Jawa Timur salah satunya di Surabaya Sidoarjo Bojonegoro," bebernya

Sementara itu salah satu warga penerima bantuan WC ini Lastri (43) mengatakan bahwa ia sangat berterima kasih atas bantuan berupa dibuatkan WC ini. 

"Alhamdulillah, saya berterima kasih karena sudah dibuatkan WC," ujar Lastri. 

Sebelum mendapatkan bantuan ini, ketika ingin buang air besar, Lastri dan keluarga pasti akan datang ke sungai yang berada di belakang rumahnya, dan buang air besar di sungai telah ia lakukan sejak dulu. 

"Buang air besar di sungai sudah saya lakukan dari dulu. Soalnya mau buat WC juga belum ada dananya," paparnya. [Nur/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS