Amalan Pembuka Pintu Rezeki: Ayat Seribu Dinar, Arab dan Tafsirnya

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Bacaan ayat seribu dinar yang merupakan penggalan dari surat At-Thalaq ayat 2 dan 3 dipercaya menjadi amalan untuk mendatangkan rezeki.

Rezeki yang disebutkan dalam penggalan ayat ini bagi muslim yang bertawakal kepada Allah maka ganjarannya dianugerahkan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.

Bacaan Ayat 1000 Dinar

Berikut bacaan ayat 1000 dinar yang bisa diaca secara khusus.

وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًا ۙ ٢ وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

wa may yattaqillāha yaj'al lahụ makhrajā wa yarzuq-hu min ḥaiṡu lā yaḥtasib, wa may yatawakkal 'alallāhi fa huwa ḥasbuh, innallāha bāligu amrih, qad ja'alallāhu likulli syai`ing qadrā

“Siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. dan menganugerahkan kepadanya rezeki dari arah yang tidak dia duga. Siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnya Allahlah yang menuntaskan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah membuat ketentuan bagi setiap sesuatu.” (QS At Talaq: 2-3). 

Tafsir

Berdasarkan laman Quran NU Online, terdapat tafsir dari ayat 1000 dinar sebagai berikut:

Dan Dia pun akan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya dengan memberikan kebutuhan fisik maupun kebutuhan ruhani. Dan barang siapa bertawakal kepada Allah dalam segala urusan, niscaya Allah cukup sebagai tempat mengadu bagi diri-nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya dengan penuh hikmah bagi manusia. Sungguh, Allah telah menjadikan segala sesuatu dengan kadarnya sehingga setiap orang tidak akan menghadapi masalah di luar batas kemampuannya.

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS