Lestarikan Budaya, Masyarakat Desa Ngino Guyub Rukun Gelar Sedekah Bumi

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Sejumlah masyarakat yang tinggal di Desa Ngino, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban guyub rukun menggelar kegiatan sedekah bumi atau manganan yang diselenggarakan di Wisata Sendang Asmoro. 

Kepala Desa (Kades) Ngino, Wawan Hariyadi mengungkapkan jika kegiatan ini merupakan acara rutin yang selalu digelar oleh masyarakat setempat setiap tahunnya, sebagai wujud syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat kepada masyarakat setempat. 

"Tujuan dilaksanakan kegiatan sedekah bumi di Sendang Asmoro adalah ungkapan rasa syukur kepada Tuhan yang maha esa, atas segala limpahan nikmat berupa sumber mata air yang melimpah. Sehingga bisa dimanfaatin sebagai pertanian, air bersih, dan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari warga," ujarnya kepada blokTuban.com saat ditemui di lokasi, Rabu (5/7/2023). 

baca juga:

DPRD Jatim Dorong Kesenian Langen Tayub Tuban Masuk ke Dunia Pendidikan

 

Kendati sedekah bumi tersebut dilakukan rutin setiap tahun, lanjutnya, namun waktu pelaksanaannya bisa berubah-ubah. Pasalnya, biasanya  pelaksanaan sedekah bumi ini melihat kondisi atau waktu panen dari masyarakat setempat. 

Pentas kesenian karawitan dan langen tayub di Tuban. (Foto: Savira W Sofyana/ bloktuban)

Adapun makanan khas yang dibawa oleh masyarakat dalam kegiatan ini sendiri, yaitu mulai dari buah-buahan, rengginang, tape, kucur, ataupun makanan hasil bumi lainnya. 

"Acara sedekah bumi ini dilaksanakan setiap tahun, dengan mempertimbangkan momentum setelah panen. Jadi untuk waktu dan bulan bisa berubah-ubah," katanya. 

Selain itu, pria yang akrab disapa Wawan ini menambahkan, dalam kegiatan sedekah bumi tersebut, terdapat beberapa kegiatan yang diselenggarakan untuk menyemarakkan acara itu. Seperti halnya tumpengan atau selametan bersama, Langen tayub, hingga karawitan. 

baca juga:

Lestarikan Kesenian Daerah, Pelajar SMAN Rengel Tuban Praktikan Pentas Ketoprak

"Sebelum dilaksanakan Langen Tayub sebagai hiburan dalam sedekah bumi, terlebih dahulu diawali dengan tumpengan bersama yang dipimpin oleh ketua adat," imbuhnya. 

Lebih lanjut, dengan diadakannya kegiatan ini, juga diharapkan agar seluruh hasil bumi atau hasil panen masyarakat setempat dapat lebih melimpah. [Sav/Dwi] 

 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS