Lestarikan Kesenian Daerah, Pelajar SMAN Rengel Tuban Praktikan Pentas Ketoprak

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Cara unik ditunjukkan oleh pelajar SMA Negeri Rengel Kabupaten Tuban untuk menjaga dan melestarikan budaya. Dalam ujian praktik Seni Budaya dan mata pelajaran Bahasa Jawa para siswa-siswi kelas XI diharuskan melakukan pementasan ketoprak.

Kegiatan rutin tiap tahun yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Rengel ini, diikuti oleh seluruh kelas tingkat akhir selama 2 hari yaitu 27-28 Mei 2023. Terdapat 8 pementasan yang terdiri dari 8 kelompok, dan setiap kelompoknya terdiri dari 36an anak yang terdiri dari aktor, tim artistik, tim make up, kostum dan tim penari gambyong.

Menurut Guru Seni Budaya SMA Negeri Rengel Yulia Rahmawati kegiatan ini bagian dari ptaktik berseni budaya juga terinspirasi dari mata pelajaran Bahasa Jawa.

“Jadi kegiatan pementasan ketoprak ini sebenarnya menjadi agenda rutin kami dalam praktik seni budaya dan ini merupakan kegiatan gabungan antara mata pelajaran Seni Budaya dan Bahasa Jawa,” ujar Yulia Rahmawati kepada blokTuban.com, Sabtu (27/05/2023).

Pemilihan seni ketoprak sendiri bukan tanpa alasan. Tujuan dari praktikum ini yaitu untuk menanamkan nilai karakter dalam diri pelajar yang mana generasi muda. 

Selain itu wanita yang akrab disapa Yulia ini menambahkan jika dengan adanya pementasan ketoprak ini akan menumbuhkan rasa cinta budaya dan cinta pada kesenian tradisional yang sekarang ini mulai terlupakan.

“Kami berharap peserta didik mencintai budaya dan dapat menjadi bagian dari pelestari kesenian tradisional itu sendiri,” imbuhnya.

Selain itu nantinya di akhir pementasan akan ada penghargaan diantaranya aktor terbaik, aktris terbaik, artistik terbaik, penari terbaik dan sutradara terbaik. Tujuannya untuk mengapresiasi dan menggugah semangat para siswa-siswi agar lebih antusias dalam berkarya.

Sebagai tambahan dalam pementasan ini terdapat berbagai alur cerita yang dibawakan seperti Harya Panangsang, Sunan Kalijaga, Sri Huning, Jaka Tarub, Roro Jonggrang, Damarwulan, Tudhung Mediun, dan Joko Kendil.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS