Jangan Panik  Saat Warna Smartphone Berubah Kecoklatan

Oleh: Dahrul Mustaqim

blokTuban.com - Bagi pengguna smartphone jangan panik saat tengah melihat beberapa aplikasi yang berjalan di layar smartphone android kalian yang tiba-tiba berubah coklat, khususnya saat menggunakan aplikasi Google Chrome.

Sebagai pengguna andorid, tentunya kaget saat melihat tampilan warna yang berubah. Bahkan anggapan pertama ada pengaturan tampilan smartphone yang tidak beres. Akan tetapi beberapa kali otak-atik pengaturan smartphone, ternyata tidak ada yang bermasalah.

Sampai-sampai mempertanyakan tentang hal ini kepada teman-teman yang ada di sekitar, karena berpandangan bahwa mungkin pengelihatannya lagi bermasalah atau terlalu capek memandang layar smartphone dengan waktu yang cukup lama.

Untuk membuktikan bahwa bukan hanya pada satu smartphone saja yang bermasalah, kita mencoba untuk membuka Google Chrome secara berdampingan, dan ternyata memang benar, ada perbedaan, yang smartphone satunya warnanya tetap putih dan satunya berubah coklat.

Satu pembuktian rasanya belum cukup, sekali lagi kita uji coba dengan menggunakan smartphone yang berbeda, rupanya hasilnya sama. Warna pada smartphone ternyata berubah kecoklatan.

Kemudian dua percobaan belum mampu membuktikan, akhirnya scrolling di google untuk mencari akar permasalahan tersebut. Dilansir dari beberapa sumber, ternyata tampil android berubah. Bukan sembarang andorid, akan tetapi mulai dari android 12, semua tampilan berubah menjadi coklat.

Untuk pembuktian yang lebih jelasnya, silakan cek pengaturan smartphone bagian ponsel dengan cara:

1. Klik gambar gerigi (pengaturan)

2. Scroll ke bawah pilih tentang perangkat

3. Pilih versi android, (jika tertera andorid 12, maka otomatis tampilan akan berubah kecoklatan, akan tetapi belum andorid 12 atau terbaru, maka tampilan smartphone tetap berwarna putih)

Sebagai catatan, bahwa perubahan warna yang agak kecoklatan ini berlaku pada andorid 12, jadi yang awalnya pada bingung kenapa smartphonenya warnanya berubah kecoklatan, tidak perlu cari solusinya, karena sudah sesuai sistem yang dibuat oleh pihak andorid.[Rul/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS