Selama Ramadan, Pengelola Ekowisata Silowo Tuban Manfaatkan Waktu Perbaiki Fasilitas Wisata

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Di Bulan Suci Ramadan 1444 Hijriah, Pengelola  Wisata Sendang Silowo yang berada di Desa Mandirejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, lebih terfokus untuk memperbaiki fasilitas yang ada di sana, guna antisipasi lonjakan pengunjung saat liburan hari Raya Idul Fitri.

Wisata Sendang Silowo sendiri adalah sebuah destinasi wisata alam yang menyuguhkan kejernihan dari sumber mata air yang ada di sana. Selain itu, kita juga dapat menyusuri sungai yang memiliki air jernih menggunakan kayak, selain itu  pemandangan di sisi kanan dan kiri sungai yang memperlihatkan rindang  pohon sagu seakan-akan membawa pengunjung ke sebuah hutan pedalaman.

Menurut Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wisata Sendang Silowo Maliki mengungkapkan, Selama Ramadan ini pengelola wisata lebih memfokuskan renovasi, guna untuk menunjang nantinya ketika terdapat lonjakan pengunjung saat liburan Hari Raya Idul Fitri.

baca juga:

Rekomendasi Tempat Ngabuburit yang Sepi di Tuban, Cek Lokasinya

“Ramadan masih buka seperti biasa, namun sepi, untuk itu kami fokuskan untuk merenovasi beberapa infrastruktur,” ujar ketua Pokdarwis Wisata Sendang Silowo Maliki kepada blokTuban.com, Jumat (7/04/2023).

Salah satu fasilitas yang mendapatkan penanganan yaitu Gazebo yang berada di lokasi wisata Sendang Silowo. Nantinya gazebo yang sudah ada akan di jadikan gazebo dua lantai serta akan di perluas.

Selain itu juga pengurus juga tengah membuat sebuah gazebo baru dengan ukuran yang cukup besar dengungan ukuran fondasi 20x2,5 meter. Sedangkan yang sudah terbangun saat ini  berukuran 12x2,5 meter, dan 14x4,5 meter.

Untuk investasi jangka panjang, bahan baku pendirian bangunan ini sendiri tak menggunakan sembarangan kayu, kayu yang dipakai ialah kayu ulin dari Kalimantan.

baca juga:

 

Pengunjung Wisata Pantai Semilir di Tuban Merosot Selama Ramadan

“Kayu yang kita pakai untuk membuat gazebo ialah kayu ulin asli dari Kalimantan,” imbuhnya.

Pemilihan kayu ulin karena dirasa kayu ini memiliki kekuatan yang cukup lama, serta tak mudah usang dimakan zaman.

Untuk datang ke lokasi wisata sembari ngabuburit, rute menuju Wisata Sendang Silowo cukup mudah. Pertama-tama kalian harus menuju Jalan KH. Fathurrahman Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, terus belok kiri masuk di jalan KH Masyhudi nantinya di sebelah kanan ada plakat arah Wisata Sendang Silowo belok  kanan dan ikuti jalan terus nantinya akan kita temui wisata yang asri ini.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS