Semarak  Ramadan di Tuban, Ada Festival Lomba Tongklek yang Digelar di Desa Plumpang

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Guna menyemarakkan Bulan Ramdan 1444 Hijriah, Kelompok Karang Taruna Putra Bhakti Desa Plumpang, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban menggelar festival lomba  tongklek, Kamis (6/4/2023) malam.

Ketua Umum Karang Taruna Putra Bhakti, Mohammad Zainal Arifin mengatakan jika kegiatan yang dikemas dengan sangat meriah ini, diikuti oleh 14 peserta grup tongklek dari berbagai daerah, baik dari Kabupaten Tuban maupun luar kabupaten.

“Yang daftar sebenarnya ada 16 grup, tapi yang dua  mengundurkan diri dengan alasan, personelnya ada kegiatan,” ujarnya kepada blokTuban.com.

baca juga:

Ada 30 Stand! Bazar Ramadan di Desa Plumpang Tuban Jadi Ajang Wisata Kuliner Warga

 

Dalam perlombaan tongklek ini sendiri, lanjutnya, akan diambil tiga pemenang sekaligus dengan berbagai kriteria penilaian. Mulai dari penyaji tongklek terbaik, musik tongklek terbaik, penampilan tongklek terbaik, hingga  performa terbaik.

Disamping itu, pria yang akrab disapa Moza ini mengucapkan bahwa rute yang dilewati oleh para peserta ini, hanya dilokal wilayah Desa Plumpang saja. Hal tersebut, dilakukan lantaran peserta tongklek tidak diperkenankan untuk melewati jalan raya, karena bisa menganggu arus lalu lintas di sekitar.

“Untuk rutenya tetap, lokasi di wilayah kampung sini saja. Karena kita tidak boleh mendekati di jalan raya. Sehingga kita menggunakan jalan-jalan di pedesaan saja,” katanya.

Lebih lanjut, Moza juga  menambahkan bahwa akan ada beberapa keamanan, yang dikerahkan dalam kegiatan ini, yaitu melibatkan personel dari Polsek Plumpang dan juga Banser.

baca juga:

 

Pentas Seni Gebyar Ramadan 2023, Kenalkan Beberapa Kesenian Khas Tuban ke Masyarakat

Sementara itu, salah seorang penonton, Dilla mengatakan sangat senang dengan adanya kegiatan ini. Pasalnya, kegiatan ini hiburan dapat menjadi hiburan untuk masyarakat dan menambah keceriaan di Bulan Ramadan.

“Senang sekali mbak, ini kan sudah dua kali ada lomba tongklek di Plumpang. Setelah dua tahun sepi karena Covid, Alhamdulillah bulan puasa tahun ini ramai lagi,” pungkasnya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS