Berkunjung ke Tuban, Anies Baswedan Ziarah ke Makam Sunan Bonang

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Dalam monetum Bulan Ramadan 1444 Hijiriah, Mantan Gubernur Daerah khusus Ibukota Jakarta, Anies Baswedan diam-diam melakukan kunjungan ke Kabupaten Tuban untuk berziarah ke makam Sunan Bonang, yang berada di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan/Kabupaten Tuban.

Sekretaris Pengurus Yayasan Mabarrot Sunan Bonang, Hidayaturrohman membenarkan terkait kedatangan bakal Calon Presiden dari Koalisi Perubahan tersebut. Menurutnya, kedatangan Anies Baswedan ke Makam Sunan Bonang Tuban tersebut, bersama dengan dua mobil rombongan.

Baca juga:

Gapura Kompleks Makam Sunan Bonang di Tuban, Peninggalan Berusia 4 Abad

 

Menengok Masjid Astana di Kompleks Makam Sunan Bonang Tuban yang Berusia 1 Abad

“Iya betul, memang ke Tuban mau ziarah saja sama silaturahmi, datangnya pagi mulai jam 07.30 sampai jam 08.30 Wib. Datang bersama dengan rombongan sekitar dua mobil,” ujarnya saat dikonrmasi, Rabu (5/4/2023).

Menurut penuturan dari pria yang akrab disapa Gus Dayat tersebut, kunjungan Anies  Baswedan ke Makam Sunan Bonang merupakan kali pertama, dan sangat mendadak. Sehingga selama berziarah hanya ia yang menjadi pemandu, untuk Anies dan juga rombongannya.

Setelah berziarah ke Makam salah satu Walisongo itu, selanjutnya, Anies bersama dengan rombongan diketahui langsung melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

“Kunjungannya memang mendadak sekali, jati tidak ada yang tahu. Disini cuma sebentar kemudian langsung lanjut ke Blora kelihatannya,” sambungnya.

Lebih lanjut, Gus Dayat juga menambahkan, sebelum berziarah ke Makan Sunan Bonang, Anies terlebih dahulu bermalam di Pondok Pesantren (Ponpes) Langitan yang berada di Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban.

“Disini juga sempat menanyakan terkait sejarah Sunan Bonang dan bernostalgia. Sebelum kesini, malamnya beliau menginap di Ponpes Langitan, terus baru paginya ke Makam Sunan Bonang,” imbuhnya. [Sav/Dwi] 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS