Menengok Masjid Astana di Kompleks Makam Sunan Bonang Tuban yang Berusia 1 Abad

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Melihat sedikit sejarah tentang Masjid Astana yang terletak di area pemakaman Sunan Bonang yang berada di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan/Kabupaten Tuban.

Menurut Pengurus Yayasan Mabarrot Sunan Bonang Ilham Abdul Muhith (50) bahwa usia dari Masjid Astana saat ini sudah satu abad lebih 2 tahun.

“Masjid tersebut sudah berusia satu abad lebih,” ujar Pengurus Yayasan Mabarrot Sunan Bonang Ilham Abdul Muhith (50) kepada blokTuban.com, Rabu (29/03/2023).

Pria yang akrab disapa Ilham ini menambahkan bahwa awal mula berdiri masjid tersebut yaitu diperuntukkan untuk tempat istirahat dan shalat bagi para pengunjung peziarah Sunan Bonang.

Walaupun dinamakan masjid, masjid tersebut tidak difungsikan seperti layaknya masjid, karena tidak dibuat untuk shalat Jumat dan shalat Ied, dan masjid tersebut  lebih difungsikan seperti mushola.

Masjid ini selesai bangun pada tanggal 4 September 1921 dan terdapat pelakat diatas pintu utama bertuliskan 4-9-1921, dan di Tahun tersebut seperti kita ketahui Indonesia masih belum merdeka.

Dibangun pada masa penjajahan bangunan ini juga tampak terpengaruh dengan gaya bangunan saat itu, seperti dengan banyaknya pintu masjid, bahkan terdapat setidaknya 9 pintu di masjid tersebut. Di atas pintu pun terdapat sebuah kaca berbentuk kotak dengan ornamen dari besi yang dilengkungkan.

Ilham menambahkan bahwa walaupun sudah berusia satu abad masjid tersebut tidak mengalami perubahan sama sekali dan masih utuh seperti dulu.

“Tidak ada yang dirubah dari masjid ini mas, cuma jika ada yang rusak kita perbaiki tanpa merubah bentuknya,” imbuhnya.

Nama astana sendiri menurut Ilham memiliki arti sebuah tempat untuk bersemayam atau beristirahat. Jadi sesuai fungsi dari dibangunnya masjid tersebut.

Dari pantauan blokTuban masjid ini tergolong sebuah bangunan yang sangat sederhana dengan beratapkan genteng dengan tembok berwarna putih serta sembilan pintu beserta kusen pintunya yang cat dengan warna hijau tua. Di masjid pun tak ada fasilitas mewah hanya  terdapat kipas angin saja.

 

Mungkin bagi kalian yang ingin melihat bangunan yang sudah berumur satu abad dengan kondisi masih terjaga dengan bagus, bisa berkunjung ke makam Sunan Bonang dan berziarah.[Nur/Dwi] 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS