Warga Sumberagung Manfaatkan Lahan Tanam Berbagai Sayuran

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Memanfaatkan lahan yang dimilikinya, warga Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban menanam berbagai varietas sayuran.

Di lahan berpetak yang berada di desanya, Safi'i memiliki lima jenis tanaman sayur di setiap petakan ladangnya.

Tanaman sawi, kangkung, cabai, jagung, pepaya dan singkong dan bayam tampak menghijau memenuhi ladangnya. Dia mengaku setiap saat bisa memetik aneka hasil panen dengan jumlah banyak.

"Setiap sore pasti manen ke ladang, karena lokasinya juga dekat rumah. Itu sebabnya bisa panen setiap waktu," terang Safi'i ketika ditemui blokTuban.com, Jumat (16/3/2018).

Dia juga berbagi wawasan tentang beberapa jenis tanamannya. Tanaman sawi bisa dipetik ketika berusia 30 hari. Sedangkan kangkung lebih cepat bisa dipetik, ketika berusia 15 hingga 20 hari.

"Cabai, singkong, dan pepaya itu bisa dibilang bonus. Karena lebih dominan sawi, kangkung, bayam, tomat dan kacang panjang," imbuhnya.

Dari hasilnya, dia tak mengaku berapa jumlah sehari. Sebab menurutnya, hasil ladang tak seluruhnya dipakai kebutuhan sehari-hari harus dibagi dengan biaya perawatan tanaman, supaya produktivitas terus berlanjut.

"Alhamdulillah, hasilnya lebih dari cukup. Bisa panen setiap waktu, hasilnya dijual ke pasar langsung," tutupnya. [feb/col]