Stok Darah Sempat Kritis, Kini PMI Tuban Layani 40 Permintaan Darah Setiap Hari

Reporter: Savira Wahda Sofyana 

 

blokTuban.com - Pasca Lebaran 2024 Masehi kemarin, persediaan darah di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tuban sempat mengalami penurunan, sehingga tidak bisa memenuhi permintaan masyarakat yang sedang membutuhkan darah. 

 

Namun, saat ini Humas PMI Kabupaten Tuban, Sardju Effendi mengaku jika persediaan darah di Kantor PMI Tuban sudah mulai kembali stabil. 

 

"Untuk persediaan stok darah di PMI, saat ini sudah berangsur membaik atau bisa dikatakan aman untuk Minggu ini," ujarnya kepada blokTuban.com, Kamis (25/4/2024). 

 

Kondisi ini, lanjutnya, lantaran saat ini pihaknya sudah mulai menggelar kegiatan donor darah di berbagai tempat, sehingga persediaan darah berangsur membaik. 

 

Bahkan, pria yang akrab disapa Sardju ini mengatakan bahwa PMI Tuban saat ini sudah bisa melayani seluruh permintaan yang masuk. Dimana, setiap harinya rata-rata ada 40 permintaan kantong darah dari masyarakat untuk semua komponen darah. 

 

"Rata-rata ada 40 kantong per harinya mbak," katanya. 

 

Meski begitu, pria ramah ini menambahkan untuk permintaan darah thrombocyte, memerlukan waktu untuk memenuhinya. Pasalnya, persediaannya masih menipis. [Sav/Dwi]