5 Tips Cegah Kolesterol Usai Menyantap Olahan Makanan Daging Bersantan

Oleh: Dwi Rahyau

blokTuban.com - Saat momen lebaran tradisi mempersiapkan berbagai hidangan khas seringkali melibatkan makanan berlemak dan berdaging, yang bisa meningkatkan risiko bagi orang yang memiliki masalah kolesterol tinggi. 

Beberapa hidangan daging bersantan yang disjaikan biasanya tidak jauh dari opor, semur, kari ataupun rendang. Untuk itu penting bagi penderita kolesterol untuk memperhatikan asupan kesehatannya.

Untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal adalah memerhatikan jumlah lemak yang dikonsumsi. Hindari makanan dan minuman yang mengandung lemak jenuh maupun lemak trans, seperti daging merah dan susu tinggi lemak.

Dokter ahli gizi Dr dr Tan Shot Yen menjelaskan, makanan bersantan tak akan membuat kolesterol naik. “Kelapa itu tumbuhan, bukan hewan. Karena levelnya bukan makhluk hidup tingkat tinggi, maka tumbuhan itu nggak butuh kolesterol. Jadi otomatis mereka nggak bikin kolesterol,” ujar Tan seperti dikutip bloktuban dari laman Kompas.com.

Namun santan yang dihangatkan berulang, lemak jenuh teroksidasi menjadi radikal bebas. “Ini yang bahaya buat tubuh manusia,” ujarnya.

Terlebih jika olahan daging merah dengan kuah santan otomatis meningkatkan resiko peningkatan kadar kolesterol dalam darah.

Untuk meminimalisir koleterol kambuh usai peryaan lebaran, terdapat 5 tips yang dapat dipraktikkan seperti berikut ini:

1. Tidak makan daging berlebihan. Angka aman yang direkomendasikan adalah 1-3 kali makan daging per pekan dengan berat 56-85 gram per porsi. Pilih bagian yang tidak berlemak, misalnya bagian pinggang. 3. 2. Hindari organ dalam seperti hati dan usus, begitu juga daging yang telah melewati pemrosesan seperti sosis dan ham.
3. Jangan lupa sayur dan buah untuk mengimbangi kolesterol dari daging sapi yang sudah dimakan. Pastikan ada sayuran dan buah dalam seporsi makanan bersama daging.
4. Alih-alih menggoreng dengan minyak banyak, sebaiknya masak daging sapi dengan cara dipanggang atau direbus yang lebih aman buat penderita kolesterol tinggi. Bila memasak dengan kuah, hindari santan dan garam berlebih.
5. Imbangi dengan olahraga teratur jika mau lebih aman tetap makan daging sapi.


Untuk itu bagi penderita kolesterol tinggi atau orang yang rentan terhadap penyakit jantung, penting untuk memperhatikan asupan makanan agar tidak mengganggu kesehatan mereka. 


Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS