Terapi Air Garam Solusi Relaksasi Berwisata di Pantai Kelapa Tuban

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Pantai Kelapa Tuban kini menawarkan pengalaman unik bagi para pengunjungnya dengan terapi air garam yang diproses secara khusus. 

Warsito, seorang petugas terapis garam, menjelaskan bahwa garam yang digunakan dalam terapi ini melalui proses penyulingan dan pencampuran air laut pantai utara Jawa, dengan ketat dikontrol setiap tiga hari sekali untuk memastikan kandungan natrium klorida (NaCl) sekitar 96%.

"Dengan kandungan yang optimal tersebut, manfaat terapi air garam dapat dirasakan secara maksimal oleh pelanggan," Ujar Warsito, Minggu (21/4/2024). 

Untuk mencoba terapi air garam ini, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp25.000 per orang, dengan batas waktu berendam selama 20 menit.

Terapi air garam di area Wisata Pantai Kelapa, Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban juga diprediksi mampu meredakan stres dan pegal. 

Selain menikmati terapi, pengunjung juga dapat memanjakan kaki mereka di lokasi ini, yang terletak di samping Jalan Nasional Pantura Tuban, dekat dengan pantai laut utara.

Dengan beberapa kolam yang tersedia, pengunjung dapat merendam kaki mereka. Setiap kolam dilengkapi dengan dua sumber air panas dan air laut yang telah dibersihkan, memungkinkan pengunjung mengatur tingkat kepanasan sesuai selera mereka. 

Ketika kolam penuh, petugas terapi akan menuangkan satu kemasan garam yang telah diolah khusus ke dalam masing-masing kolam.

Meskipun baru dibuka dalam setahun terakhir, terapi air garam ini telah menarik perhatian banyak pengunjung, terutama dari Tuban dan sekitarnya.

"Ini pengalaman pertama saya. Kami datang untuk mencoba terapi air garam sambil berlibur di pantai kepala ini," ungkap Dariyono, salah satu pengunjung yang antusias. [Dwi/Ali]