Pengukuhan PPDI Kenduruan, Pengurus Dituntut Jalankan Tupoksinya

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Siang tadi, Senin (4/9/2017), Pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kenduruan masa bhakti 2017-2022 resmi dikukuhkan. Lembaga profesi perangkat desa se-Indonesia ini dianggap mampu memberi perlindungan bagi masyarakat dan pemerintah dalam peningkatan semangat membangun desa.

Ketua umum PPDI Kabupaten Tuban Ahmad Wahyudi menyatakan, dengan lahirnya PPDI di Kabupaten Tuban dinilai dapat meningkatkan kinerja perangkat desa. Sebab selama berdiri sejak 2011, sistem pemerintahan desa berjalan semakin baik.

"Rata-rata temuan kami, setelah terbentuknya PPDI, penyusunan APBDes lebih cepat terselesaikan, meskipun belum menyeluruh," ungkap Wahyudi saat ditemui blokTuban.com di pendopo Kecamatan Kenduruan, Senin (4/9/2017).

Pihaknya berharap, dengan dilantiknya pengurus baru PPDI Kecamatan Kenduruan dapat mengembangkan program sesua AD-ART yang ada. Selain itu juga tidak kalah pentingnya menjalankan sesuai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) sebagai perangkat desa.

"Sebagai anggota PPDI harus siap dibina stakeholder," tegasnya.

Sementara di sisi lain, ketua PPDI Kecamatan Kenduruan, Ali Maskur mengaku akan menjalankan amanah organisasi dan aturan sesuai perundang-undangan perangkat desa. Dengan tujuan, masyarakat desa terlayani secara normal.

"Kita akan berusaha sekuat tenaga untuk satu komando sesuai amanat PPDI maupun Pemerintah di atas kita," tukas Ali.[rof/ito]