Lomba Layangan Hias, Meriahkan HUT RI di Desa Rayung

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Meskipun telah memasukki bulan September, namun kemeriahan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) masih dirasakan oleh warga Desa Rayung, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban.

Pasalnya, diakhir pekan ini Pemerintah Desa (Pemdes) Rayung menggelar Lomba Layangan Hias yang diselenggarakan di lapangan desa setempat.

Kepala Desa (Kades) Rayung, Sutomo mengatakan, lomba layangan hias ini diselenggarakan untuk menjalin kerukunan antar masyarakat desa setempat, yang diikuti dari lima dukuhan yakni Rayung, Joho, Tulung, Giwang dan Kedungkebo.

"Dalam lomba ini diikuti lebih dari 90 peserta dari lima dusun yang ada di Rayung," ujar Kades kepada blokTuban.com, Minggu (3/9/2017).

Selain itu, menurutnya lomba ini sebagai ajang untuk menyalurkan kreativitas serta untuk memeriahkan acara hari kemerdekaan RI.

Sementara itu, juri lomba layangan hias, Putut menuturkan, beberapa kriteria penilaian yakni, bagaimana kondisi layangan saat terbang, ketenangan layang layang dan kreatifitas.

Menurut salah satu peserta Kampret sapaan akrabnya mengatakan , dirinya sangat senang bisa mengikuti perlombaan layang layang ini karena bisa menyalurkan kreatifitas.

"Dengan adanya lomba layangan, kreasi saya dapat dilihat oleh warga Desa Rayung dan sekitarnya, "pungkasnya.[hud/col]