Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Kepolisian Sektor (Polsek) Rengel Polres Tuban melepas salah satu personelnya, Aiptu Eko Budoyo yang telah purna tugas, Sabtu (2/9/2017).

Prosesi pelepasan yang dilaksanakan di halaman Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) Rengel berjalan begitu meriah. Penampilan marching band dari MTsN 2 Tuban dan seni tari dari pelajar TK Kemala Bhayangkari Rengel mengawali acara tuntas tugas  sore tadi.

Suasana berubah menjadi haru ketika Aiptu Eko Budoyo dipanggul oleh Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Rengel, AKP Musa Bakhtiar dan beberapa anggotanya berjalan melintas di depan peserta yang hadir dalam acara tersebut. Tangis pria 58 tahun itu pun pecah, begitu pula seluruh peserta yang seakan tak mampu membendung air mata dan menyembunyikan rasa harunya.

Sebuah penghormatan dihadiahkan oleh seluruh anggota Polsek Rengel kepada pria yang tinggal di Desa Cekalang, Kecamatan Soko itu. Pelukan hangat juga diberikan oleh AKP Musa ketika Aiptu Eko perlahan meninggalkan gerbang Mapolsek Rengel.

Di mata AKP Musa, Aiptu Eko Budoyo sendiri merupakan sosok anggota polisi yang sederhana namun sangat bersahaja. Nilai disiplin dan tanggung jawab yang tinggi juga sangat melekat dalam diri pria sepuh itu.

"Dihari terakhirnya mengabdi pun, pak Eko Budoyo masih berdiri tegak di jalan raya mengatur lalu lintas, memberikan pelayanan kepada warga masyarakat," terang perwira yang menyandang tiga balok di pundak.

Mantan Kasat Lantas Polres Sumenep itu pun berharap agar jalinan silaturrahmi antara Aiptu Eko dengan keluarga besar Polsek Rengel selalu terpelihara.

"Kita adalah keluarga, jangan segan untuk datang ke Polsek Rengel kapan pun dan jangan lupakan kami," ucap pria asal Kota Ngawi itu dengan nada terbata-bata saat menghantarkan Aiptu Eko masuk ke kendaraan Patroli yang ditumpanginya. [feb/col]