Jelang Lebaran Nasabah Tabungan Emas Sepi

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Menjelang hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah, kebutuhan masyarakat semakin meningkat. Akibatnya, di Pegadaian nasabah sepi berinvestasi emas.

Menurut keterangan yang diterima blokTuban.com dari pengelola Unit Pelayanan Cabang (UPC) Pegadaian di Kecamatan Bangilan, Rabu (21/6/2017) kemarin, justru mendekati lebaran tren tabungan emas menurun. Di setiap harinya hanya ada dua hingga tiga nasabah.

“Mendekati hari raya, masyarakat enggan menabung emas. Yang kita layani tidak lebih dari tiga nasabah,” ujar pengelola UPC Pegadaian, Rahmad Basuki kepada bT, sebutan blokTuban.com.

Menurut pengelola UPC Pegadaian yang melayani nasabah dari Kecamatan Parengan, Singgahan, Senori, dan Bangilan itu, penurunan merupakan hal yang lumrah. Sebab, sudah menjadi kebiasaan mendekati lebaran, nasabah ramai menebus agunan yang bisa digunakan saat lebaran nanti.

“Justru yang paling banyak nasabah melunasi pinjaman untuk menebus agunan yang dipakai saat hari raya, seperti perhiasan,” imbuhnya panjang lebar.

Sementara menurut pengakuannya, sampai saat ini nasabah tabungan emas di UPC Pegadaian Bangilan masih didominasi Pegawai Negeri Sipil (PNS), pengusaha, dan sebagian Mahasiswa. Sedangkan untuk kalangan petani, kata dia, masih enggan untuk berinvestasi emas.[rof/ito]