Jelang Lebaran, Harga Ayam Kampung Merangkak Naik

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H, harga ayam kampung di Pasar Bongkar Muat, Pasar Baru Kabupaten Tuban mulai merangkak naik, Sabtu (17/6/2017).

Dari keterangan salah satu penjual ayam kampung, Kasmiti kepada blokTuban.com, naiknya harga ayam kampung tersebut dikarenakan permintaan masyarakat menjelang lebaran ini semakin meningkat.

"Mulai maleman ini (10 hari terakhir Ramadhan) harga ayam sudah mulai naik," ujar Kasmiti.

Ia menambahkan, kenaikan harga ayam kampung tersebut sementara ini belum begitu dirasakan oleh masyarakat, namun diperkirakan naiknya harga ayam kampung ini akan terus berlangsung hingga lebaran.

Hal senada dikatakan oleh pedagang lain, Rohmad, semenjak malam 21 Ramadhan lalu harga ayam kampung mulai beranjak naik. "Kini harga ayam mulai ada kenaikan, tapi tergantung pembelinya, kalau bisa menawar ya bisa dapat harga murah," kata Rohmad usai melakukan transaksi jual beli.

Sementara itu, salah satu pembeli asal Perbon, Edi mengatakan, untuk ayam yang sudah pantas dipotong Rp60.000, harga tersebut masih dirasa stabil dan belum mengalami kenaikan yang signifikan.

"Harga mulai naik signifikan mungkin pada saat H-2 sampai H-1 lebaran," pungkas Edi. [hud/rom]