Unik, Mahasiswa Bagi Takjil Bibit Buah

Reporter: Muhammad Nur Rofiq

blokTuban.com - Menjelang beduk azan Magrib, kebanyakan orang melakukan bagi-bagi takjil berupa makanan ringan dan minuman untuk membatalkan puasa. Namun, pemandangan berbeda diperlihatkan sejumlah mahasiswa Universitas Sunan Bonang (Unang) Tuban, sore ini, Sabtu (17/6/2017).

Dari pantauan blokTuban.com di lampu merah pertigaan Bogorejo, Kecamatan Merakurak, Tuban puluhan muda-mudi dari Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (Himagro) Unang bukan berbagi es buah, namun membagi bibit buah ke pengguna jalan. Layaknya membagikan takjil, sejumlah mahasiswa menghampiri pengguna jalan baik roda empat maupun roda dua yang melintas.

"Sengaja kami buat beda, biasanya orang bagi takjil berupa makanan, tapi kami bagi bibit buah untuk ditanam di rumah," kata koordinator aksi, Anang saat ditemui blokTuban.com di lokasi, Sabtu (17/6/2017).

Acara yang dikemas dalam tajuk aksi Goo Green Himagro Unang 2017 itu, 900 bibit buah dari pepaya, jambu biji, dan sirsat dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat. Pihaknya berharap, dengan aksi tersebut dapat mengembalikan bumi menjadi hijau kembali.

"Alam diciptakan untuk kita rawat supaya anak cucuk kita kelak tidak kekeringan," ujar pria berambut panjang itu.

Seorang warga, Heni (30) berkomentar, kegiatan yang dilakukan sejumlah mahasiswa ini termasuk langka. Namun, manfaat yang diberikan cukup banyak. Sebab, dari pengakuan ibu satu anak itu di tempat tinggalnya butuh suasana yang hijau.

"Bagus untuk penghijauan sekaligus menambah cadangan vitamin alami di rumah," ucap wanita itu dengan bibir tersenyum dengan menenteng bibit pepaya dan jambu di tangannya.[rof/ito]