Berpotensi, Banyuurip Akan Kembangkan Wisata Desa

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dengan adanya Dana Desa (DD), Pemerintah Desa Banyuurip, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban tergerak mengembangkan destinasi wisata berbasis desa. Beberapa potensi yang dimiliki desa penghasil minyak dan gas (migas) itu pun cukup beragam.

"Terutama pemandangan alamnya yang eksotis. Jika dikelola dengan baik pasti cukup memikat wisatawan," ujar Sekretaris Desa Banyuurip, Abdul Haris kepada blokTuban.com, Kamis (18/5/2017).

Penyerapan anggaran untuk kegiatan inovatif, salah satu cita-cita mulia yang butuh dukungan semua pihak. Dengan pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ke depan, diharapkan bisa mengelola potensi desa dengan baik.

"Salah satu yang bisa dilakukan oleh BUMDes nantinya menjalankan usaha unit wisata, seperti flying fox, kolam renang, dan juga outbound," terang Haris.

Kendati begitu, sampai saat ini belum ada yang dikerjakan. Saat ini, melalui sumber daya pemuda setempat, mulai merintis wisata di Gunung Gong sambil menanti perijinan dari Pertamina EP.

"Rencana pengelolaan melalui BUMDes, nanti desa bisa penyertaan modal dan menjadi sumber pendapatan asli desa," pungkasnya. [rof/ito]