Antrean Administrasi Kependudukan Membludak

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Suasana sesak penuh kerumunan terjadi di ruang pelayanan administrasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tuban, Rabu (17/5/2017).

Ratusan warga mengantre untuk mengurus administrasi kependudukan, baik Kartu Tanda Penduduk, Akta Kelahiran, Surat Pindah, ataupun Kartu Keluarga.

Warga harus rela mengantre berjam-jam untuk mendapatkan pelayanan. Tak heran jika waktu sore tiba dan pelayanan belum juga rampung, warga juga ada yang terpaksa pulang dengan tangan hampa.

Salah seorang warga, Sutiono mengatakan, dirinya sudah mengantre sejak pagi untuk mengurus Kartu Keluarga. Namun sangking banyaknya antrean, dia harus rela menunggu hingga lepas salat dzuhur.

"Saya sudah mengantre sejak pagi, tapi hingga siang belum juga mendapat panggilan pelayanan," ujar warga Desa Sugihwaras Kecamatan Jenu tersebut kepada blokTuban.com.

Bahkan pria yang juga mengaku sebagai RT itu meminta Dinas Dukcapil untuk mengevaluasi pelayanan yang ada. Salah satu yang dirasa minim adalah​ keberadaan loket pelayanan, sehingga semakin banyak antrean.

"Kalau bisa ditambah loket pelayanannya, agar yang antre tidak membludak seperti sekarang," harapnya.

Sementara itu warga lain, Agista juga menyatakan hal senada. Bahwa antrean membludak di Dukcapil ini harus dicarikan solusinya. Jangan sampai ini dibiarkan terus menerus dan tetap terjadi.

"Harus dicarikan solusinya agar pelayanan maksimal," pungkasnya pria asal Semanding. [nok/rom]