Pencairan Pupuk Nantinya Tidak Perlu Melalui Gapoktan?

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban, Murtadji mengungkapkan, bahwa dalam setiap pencairan atau pengambilan Pupuk​ bersubsidi nantinya petani bisa mengambilnya sendiri. Tidak seperti sebelumnya, jika setiap akan mengambil pupuk maka petani harus melalui Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

"Ke depan dalam pengambilan pupuk, setiap Petani bisa mengambil sendiri-sendiri tanpa melalui Gapoktan," ujarnya kepada blokTuban.com, Senin (15/5/2017)

Mantan Camat Bancar itu menjelaskan, aturan tersebut akan mulai berlaku bagi setiap petani, setelah memiliki tanda administrasi berupa Kartu Tani. Di mana kartu tani ini merupakan program nasional dari Kementerian Pertanian.

Menurut dia, dengan adanya Kartu Tani maka akan memudahkan Petani dalam menjalankan aktifitasnya bercocok tanam. Sebab petani dengan mudah mendapatkan pupuk tanpa harus lewat Gapoktan.

"Kartu Tani ini bagus, petani tidak perlu melalui Gapoktan saat akan mencairkan pupuk bersedia, sudah bisa diambil sendiri," pungkasnya.

Informasi yang diperoleh blokTuban.com, berdasarkan data dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, setidaknya ada 205 Ribu Petani yang akan mendapat Kartu Tani.[nok/ito]